Kungker ke Kampung Kekwa, Legislator Mimika Temukan Petugas Kesehatan Tak Ditempat

Senin, 29 Apr 2019 19:36 WIT
Anggota DPRD Mimika saat melakukan pengecekan pintu Pustu Kampung Kekwa yang terkunci dari luar. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | DPRD Mimika menyayangkan ketidakberadaan petugas Puskesmas Pembantu (Pustu) yang bertugas di Kampung Kekwa, Distrik Mimika Tengah, Kabupaten Mimika, Papua. 


Pasalnya, pada saat anggota DPRD gabungan dari Komisi A, B, dan C melakukan kunjungan kerja ke Kampung Kekwa, Senin (29/4) tidak terlihat adanya aktifitas pelayanan kesehatan. Bahkan, pintu pustu terkunci. 


Berdasarkan informasi dari warga setempat, petugas Pustu Kampung Kekwa tersebut tidak berada ditempat kurang lebih enam bulan. 


Masyarakat selama ini mendapat pelayanan kesehatan dari Persekutuan Pelayanan Kristen Untuk Kesehatan di Indonesia (Pelkesi) yang berada persis depan Pustu.


“Karena tidak ada pelayanan di Pustu, maka kami pun berobat di tempat itu pak,” kata Anton salah seorang warga Kampung Kekwa kepada anggota DPRD Mimika.


Sementara Suster Ima yang melayani klinik Pelkesi mengatakan, pelayanan kesehatan ini merupakan kerjasama antara LPMAK dan Pelkesi. Dimana pelayanan kesehatan ini sudah tiga tahun berdiri. 


Tujuan dari pelayanan kesehatan ini mendukung Pustu dari Dinas Kesehatan, dalam melayanan kesehatan kepada masyarakat.


“Kami disini melayani kesehatan masyarakat. Dan untuk penyakit yang sering di derita masyarakat Kampung Kekwa, seperti sakit tulang, flu, dan malaria. Dimana untuk pelayanan, petugas yang melayani dua orang dan selalu gantian menurut jadwalnya,” katanya.


Sementara Wakil Ketua Komisi C, Hadi Wiyono mengatakan, petugas pelayanan kesehatan ini seharusnya bertugas melayani masyarakat. Namun, kenyataannya tidak ada petugas. 


“Masyarakat sudah mengeluh, karena kurang lebih 6 bulan pelayanan tidak ada. Justru dari pihak swasta  yang aktif melayani. Dan ini sangat disayangkan, dan kami akan panggil Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika untuk menjelaskan masalah inj,” katanya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan