KPU Mimika Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilu 2019

Selasa, 30 Apr 2019 11:58 WIT
Pembukaan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemungutan Suara Tingkat Kabupaten Mimika Pemilu Serentak 2019 oleh KPU Mimika. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika,  Selasa (30/4) menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemungutan Suara Tingkat Kabupaten Mimika Pemilu Serentak 2019. Kegiatan yang dipusatkan di aula Hotel Serayu, dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola.

Ketua KPU mengatakan,  ada 911 TPS yang tersebar di 18 distrik di Kabupaten Mimika. KPU akan membacakan hasil rekapan yang diserahkan oleh masing-masing PPD. 

"Berharap pleno berjalan lancar dan parpol menyerahkan sepenuhnya kepada para saksi. Begitu juga KPU juga memberikan kepercayaan penuh kepada PPD untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya," katanya.

Dengan kepercayaan tersebut, maka pihaknya akan mengawal penuh hasilnya. Sehingga diharapkan kekuatiran publik tentang proses perilaku manipulatif tidak terjadi. Apalagi dalam setiap proses, mulai pemungutan sampai rekapitulasi pada tingkat distrik disaksikan oleh para saksi dan Bawaslu.

"Dengan pengawasan yang optimal tersebut, maka akan ketahuan apabila ada oknum yang melakukan praktek manipulatif. Karenanya, percayakan semuanya kepada KPU, saksi, dan Bawaslu yang melaksanakan proses ini," ujarnya.

Terkait mekanisme pelaksanan pleno tingkat kabupaten, kata Indra, pihaknya akan mendahulukan PPD yang sudah selesai, sementara yang belum akan menyesuaikan.

Namun pihaknya memberikan perhatian penuh, karena pada 7 Mei 2019 dilakukan pleno pada tingkat provinsi. Sehingga tahapan Pleno terakhir tingkat kabupaten sampai pada tanggal tersebut.

"PPD yang sudah selesai dan siap, yakni di Dapil VI dan sebagian dapil V. Sementara untuk wilayah kota yang sudah selesai, yakni Iwaka dan Kuala Kencana. Sementara untuk Mimika Baru dan Wania masih dalam proses," tuturnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan