Pemkab Mimika Siapkan Rp.3 Miliar untuk Tertibkan Pasar Ilegal

Pemkab Mimika Siapkan Rp.3 Miliar untuk Tertibkan Pasar Ilegal
Eltinus Omaleng

TIMIKA | Bupati Mimika, Provinsi Papua, Eltinus Omaleng menegaskan dirinya telah mengalokasikan sejumlah dana untuk penertiban dan pengawasan pasar-pasar yang berdiri tidak sesuai aturan yang ada di wilayah itu. 

"Saya sudah perintahkan segera proses anggaran itu. Jumlahnya sebesar Rp.3 miliar. Anggaran ini untuk tim gabungan baik TNI/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).  Mereka akan menertibkan pasar-pasar yang berdiri tidak sesuai aturan," kata Eltinus saat ditemui di Pendopo Rumah Negara,  Senin (29/4). 

Eltinus mengatakan, apabila tindakan persuasif tidak juga diindahkan para pedagang, maka penertiban dilakukan secara paksa karena menyalahi aturan. 

"Kali ini saya tidak ada main-main lagi, bukan pasar lama saja, tapi juga Pasar Damai, Pasar SP 2, Pasar Gorong-gorong dan Pasar Jayanti," tegas Eltinus. 

Eltinus mengatakan banyak pasar yang dibangun bukan Lahan yang direkomendasikan oleh pemerintah. Seperti, Pasar Gorong-gorong maupun Pasar Jayanti.

Eltinus juga menyoroti pedagang musiman yang berjualan ikan diatas trotoar di sepanjang Jalan Budi Utomo. 

"Jalan itu bukan untuk yang kotor-kotor, jika mau menjual ayam ataupun ikan ditempatnya yang layak bukan dijalan-jalan karena itu mengotori," ujar Eltinus. 

Ia menduga ada oknum-oknum yang memanfaatkan masyarakat kamoro untuk menjual ikan di pinggir – pinggir jalan. 

"Saya sudah mengetahui oknum yang suka memanfaatkan orang kamoro untuk menjual ikan. Kita sudah berusaha menangkap orangnya, tetapi dia sering kabur-kabur, tetapi kita akan menangkapnya," sambung Eltinus. (Cr-2/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar