Hari Buruh di Mimika Berlangsung Kondusif

Rabu, 01 Mei 2019 17:56 WIT
Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto (Foto: Sevianto Pakiding/SP)

TIMIKA | Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengatakan, peringatan hari buruh internasional 1 Mei atau “may day” di Mimika berlangsung kondusif.

“Tidak ada demo, arak-arakan maupun mobilisasi massa. Karenanya, kami sampaikan apreasi kepada SBSI dan SPSI di Mimika dalam memperingati hari buruh internasional tahun ini,” kata Kapolres saat ditemui di Hotel Serayu, Rabu (1/5).

Situasi seperti ini merupakan suatu kemajuan bagi daerah dan negara. 

Kata Kapolres, pihaknya tidak melarang adanya aksi demo, karena kebebasan menyampaikan pendapat baik lisan maupun tulisan dilindungi oleh undang-undang dan negara. Tetapi, karena Indonesia menganut azas dan falsafah Pancasila, maka semuanya harus diselesaikan melalui musyawarah untuk mufakat.

“Lebih baik dalam menyampaikan aspirasi, tidak dilakukan dengan aksi mobilisasi massa. Ini karena, setiap mobilisasi massa tidak berujung damai. Karena terkadang tidak bisa dikontrol sehingga berujung anarkis,” ujarnya.

Kapolres mengatakan, untuk peringatan hari buruh internasional di Mimika dipusatkan di Multi Purpose Kuala Kencana, Mimika, Papua. 

“Acara diwarnai berbagai kegiatan, seperti jalan santai, donor darah, dan lainnya. Ini menunjukkan suatu gambaran yang bagus, sehingga bisa dijadikan contoh pada daerah lain,” kata Kapolres.

Apalagi pada kegiatan tersebut disampaikan aspirasi karyawan berupa hak-hak dan  pihak manajemen menjawab aspirasi tersebut. Ini merupakan contoh musyawarah untuk mufakat, dengan membuka ruang dialog pada SBSI dan SPSI untuk menyampaikan aspirasinya.

“Freeport telah memberikan kontribusi besar, baik ke negara, daerah, maupun karyawan. Apabila dibandingkan dengan daerah lain, kualitas Freeport berada di atas. Tidak hanya upah, tetapi fasilitas untuk karyawan sangat diperhatikan,” tuturnya.

“Dipelaksanaan “may day” ini, kami juga mengapresiasi karyawan. Oleh itu, kalau ada permasalahan,maka diharapkan disalurkan sesuai wadahnya, baik bipartite maupun tripartite.  Sehingga semua aspirasi bisa diselesaikan dengan baik,”kata Kapolres.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan