Barcelona Gasak Liverpool 3-0

Kamis, 02 Mei 2019 13:10 WIT
Pemain Barcelona

JAKARTA | Lionel Messi menciptakan dua gol ketika Barcelona mempertahankan rekor tak pernah kalah dalam 31 pertandingan kandang Liga Champions dengan menggasak Liverpool 3-0 pada leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis dini hari WIB ini. Satu gol lainnya diciptakan oleh Luis Suarez.


Pertandingan antara juara Spanyol dan salah satu kandidat juara Liga Inggris itu berlangsung seru sejak menit pertama. Tetapi Barcelona terlalu perkasa untuk Liverpool ketika pada menit ke-26 Luis Suarez mengawali pesta gol Barca ke gawang The Reds.


Philippe Coutinho menerima umpan panjang ke sisi kiri untuk meneruskannya kepada Jordi Alba di tepi kotak penalti Liverpool. Sang bek kiri Barcelona mengirim bola ke depan setelah memperdaya bek Liverpool Virgil Van Dijk untuk kemudian mencapai kaki Suarez yang tak ayal melesakkan bola ke sudut jauh gawang The Reds.


Gol kedua Barcelona tercipta dari kaki Lionel Messi pada menit ke-75. Messi menjemput pula untuk kemudian menerobos barisan pertahanan Liverpool persis di area di mana tim mana pun tak berharap Messi berkeliaran di sana, di posisi tengah di tepi area penalti.


Fabinho menekel Sergi Roberto begitu dia menerima umpan tetapi bola malah jatuh ke lutut Luis Suárez yang dengan seketika mengirimkan bola ke gawang namun membentur mistar. Bola pantulan dari mistar gawang Liverpool ini mental ke dada Messi yang tak ragu dia teruskan ke gawang Liverpool. 2-0 untuk Barcelona.


Messi kemudian menciptakan gol keduanya pada menit ke-82. Kiper Liverpool Alisson sungguh tak berdaya menghadapi serangan maut Messi yang melepaskan tendangan bebas dari jarak jauh. Sepakan Messi ini meluncur tendangan sensasional yang melenting untuk secara sempurna mendarat di sudut kanan gawang Liverpool. Ini adalah gol ke-600 Messi dari tendangan bebas.


Liverpool sendiri bermain dengan gagah berani, namun harus menghadapi tangguhnya barisan pertahanan Barcelona di mana beberapa kali kiper Marc-André ter Stegen melakukan penyelamatan gemilang, termasuk saat menghentikan sebuah upaya Mohamed Salah saat hendak menjebol gawang Barca.


Kemenangan besar Barcelona ini mempersulit langkah Liverpool ke final Liga Champions kendati pada leg kedua 7 Mei nanti punya keuntungan tampil di kandang sendiri di Anfield. Tugas berat cenderung mustahil bagi Liverpool bisa mengalahkan Barcelona dalam skor paling tidak 4-0.


Pemenang pertandingan ini akan menghadapi pemenang semifinal lainnya antara Tottenham Hotspurs dan Ajax Amsterdam 1 Juni mendatang di Madrid. (Antara/SP)

 

Kategori:
Bagikan