Meriahkan Hardiknas 2019, Anak Usia Dini di Mimika Tampilkan Tarian Adat

Kamis, 02 Mei 2019 14:34 WIT
Anak-anak usia dini menampilkan baju adat saat mengikuti Peringatan Hardiknas 2019 di Mimika. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua dimeriahkan dengan tarian adat dari berbagai suku di Indonesia.

Tarian adat ini ditampilkan oleh anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari berbagai sekolah di Kota Timika. 

Peringatan Hardiknas 2019 di Mimika dilakukan dengan upacara bendera yang dilaksanakan di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan, SP3, Kamis (2/5). 

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia Kabupaten Mimika (IGTKI) Antonia Manuhutu mengatakan, sesuai dengan petunjuk Kepala Dinas Pendidikan bahwa setiap sekolah menampilkan tarian adat dari kebudayaan masing-masing. 

"Dari setiap sekolah memilih sendiri tarian budaya apa yang mau dipersembahkan, tetapi yang diutamakan adalah tarian papua," tutur Antonia. 

Kata dia, kemeriahan dengan menampilkan tarian adat dan kebudayaan ini disesuaikan dengan tema Hardiknas 2019 yaitu "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan".

"Kita semua datang di Kabupaten Mimika ini dengan visi-misi membangun pendidikan khususnya PAUD yang ada di Kabupaten Mimika," imbuh Antonia. 

"Sesuai dengan kurikulum sekarang untuk belajar masing-masing daerah punya tarian, jadi ketika kita ditempatkan di suatu daerah kita harus menampilkan budaya daerah tersebut," kata Antonia. 

Ia mengharapkan, momentup Hardiknas 2019 dijadikan semangat untuk kebangkitan pendidikan dan kebudayaan di Kabupaten Mimika. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan
Berita terkait