Disdik Asmat Gelar Karnaval Budaya Peringati Hardiknas

Kamis, 02 Mei 2019 21:47 WIT
Karnaval menyambut Hardiknas di Asmat. (Foto: NT/SP)

ASMAT | Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2019, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Asmat menggelar karnaval budaya nusantara di Distrik Agats dan diikuti sejumlah distrik lainnya, Rabu (1/5).

Di Agats, kegiatan ini diikuti ratusan pelajar dari TK, SD dan SMP. Titik star dimulai dari Lapangan Yos Sudarso, melalui sejumlah jalan utama di Kota Agats, kemudian berakhir di Lapangan Yos Sudarso. 

Peserta mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah seperti Papua, Maluku, Sulawesi, Jawa, dan Kalimantan. Adapula yang mengenakan pakaian profesional seperti dokter, guru dan TNI-Polri.

Kegiatan karnaval itu ditontoni sejumlah kepala instansi daerah, para kepala sekolah, guru, para tokoh dan warga.

Ketua Panitia Hardiknas Kabupaten Asmat, Donatus Tamot mengatakan pihaknya sengaja menampilkan keanekaragaman budaya Indonesia pada peringatan Hardiknas 2019 di Agats.

“Dimaksudkan agar anak-anak kita mengenal dan semakin mencintai budaya Indonesia. Dengan demikian aset-aset budaya kita tetap terawatt dan terpelihara,” kata Donatus yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Asmat.

Dengan menggelar karnaval budaya, katanya, hubungan sosial masyarakat bisa lebih dipererat. Warga bisa saling menghormati dan menghargai tanpa memandang suku, ras dan agama.

“Dengan menampilkan perbedaan, kita tetap satu. Satu bangsa Indonesia, saling menghormati dan menjaga ketentraman, termasuk di Asmat ini,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan itu tidak hanya seremonial belaka, tapi bermakna meningkatkan hubungan sosial masyarakat, termasuk mendorong peningkatan pendidikan.

“Karnaval budaya dalam rangka Hardiknas di Asmat tidak hanya dilaksanakan di Agats, tapi juga digelar di distrik lainnya,” pungkasnya. (NT/SP)

Kategori:
Bagikan