BPJS Kesehatan Hentikan Kerjasama dengan RSMM Timika

Kamis, 02 Mei 2019 22:05 WIT
Pelayanan di RSMM Timika (Foto: Dok/SP)

TIMIKA | Kerjasama antara BPJS Kesehatan Mimika dengan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Caritas untuk sementara dihentikan pertanggal 1 Mei 2019. 

Pemutusan kerjasama mengingat tidak terpenuhinya syarat kerjasama sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu belum adanya sertifikat Akreditasi Rumah Sakit milik Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) itu.

Berdasarkan siaran pers yang diterima seputarpapapua.com pada Kamis (3/5), Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mimika, Susan G. Gaspersz mengatakan, fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di 2019 ini harus sudah memiliki sertifikat akreditasi. 

“Sertifikat akreditasi merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap rumah sakit yang melayani Program JKN-KIS,” kata Susan. 

Kata dia, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes)  Nomor 71 Tahun 2013, tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional yang berlaku mulai 1 Januari 2014. 

Dimana pada Pasal 7 huruf (b) angka (6) bahwa salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan adalah memiliki Sertifikat Akreditasi.

“Dan pada Permenkes Nomor 34 Tahun 2017, tentang Akreditasi Rumah Sakit, pada Pasal 5 disebutkan bahwa Rumah Sakit, harus melakukan perpanjangan Akreditasi sebelum masa berlaku status Akreditasinya berakhir,” jelasnya.

Lanjut dia, BPJS Kesehatan dalam hal melakukan kerjasama dengan Fasilitas Kesehatan, yaitu dengan melalui proses seleksi dan kredensialing. 

Kriteria teknis yang menjadi pertimbangan BPJS Kesehatan untuk menyeleksi fasilitas kesehatan yang ingin bergabung, antara lain sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan. 

Kemudian, fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan wajib memperbaharui kontraknya setiap tahun.

“Dalam proses memperbarui kontrak kerja sama, dilakukan rekredensialing untuk memastikan benefit yang diterima peserta berjalan dengan baik sesuai kontrak selama ini,” ujarnya. 

Berdasarkan hal tersebut, kata Susan, maka kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan RSMM Mimika, per 1 Mei 2019 untuk sementara dihentikan. 

Mengingat tidak terpenuhinya syarat kerjasama sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu belum adanya sertifikat Akreditasi Rumah Sakit. Sehingga pelayanan peserta JKN-KIS di Kabupaten Mimika tetap dapat berjalan di RSUD Mimika dan RS Kasih Herlina.

“Selanjutnya BPJS Kesehatan berharap, agar RSMM Mimika dapat segera menyelesaikan proses Akreditasi. Sehingga kerjasama ini dapat dilanjutkan kembali,” tuturnya. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan