100 Peserta Ikuti Bimtek Tenaga Terampil dan Pengawasan Konstruksi di Asmat

Sabtu, 04 Mei 2019 12:38 WIT
Bupati Asmat Elisa Kambu ketika menyematkan tanda peserta kepada perwakilan.

ASMAT | Sebanyak 100 peserta mengikuti bimbingan teknis dan sertifikasi tenaga terampil dan pengawasan konstruksi, yang digelar Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (3/5).

Bimtek yang dibuka Bupati Asmat Elisa Kambu menghadirkan narasumber Tobok Aritonang, beserta tim dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah 7 Jayapura.

Hadir dalam pembukaan Bimtek ini, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Wakapolres Asmat Kompol Mursalim, kepala distrik, dan tamu undangan lainya. 

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, Bimtek ini sebagai upaya pemerintah pusat maupun kabupaten untuk mempersiapkan sumber daya manusia baik di bidang pengawas konstruksi, sehingga tenaga terampil dapat memegang sertifikasi agar menjadi rujukan kedepanya.

Sebab, dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi, setiap tenaga konstruksi yang bekerja dibidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikasi kompetensi kerja.

"Hal itu di atur pemerintah daerah dengan memiliki tugas dan wewenang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas di bidang jasa konstruksi," kata Elisa. 

Elisa mengaku, Pemerintah Kabupaten Asmat bertangung jawab menyiapkan sumber daya tenaga khususnya bagi mereka yang bergerak di jasa konstruksi dan pengawasan tenaga tukang dan tenaga pengawasan.

“Dengan seperti ini, Pemda Asmat sudah tidak lagi berpikir mendatangkan orang dari luar untuk bekerja, karena sudah ada tenaga lokal yang bisa membantu Pemda Asmat melancarkan pembangunan di Asmat,” jelasnya.

Elisa menjelaskan, pembangunan infrastruktur menjadi dasar keterbukaan akses konektifitas daerah. Olehnya itu, pemerintah setempat terus mendorong tersedianya infrastruktur yang memadai di seluruh pelosok Asmat.

 “Semakin kita dorong pembangunan infastruktur di Asmat, maka akan mempercepat pembangunan ekonomi dilingkungan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana Muhamad Sidik menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 30 April hingga 2 Mei.

Untuk Bimtek dan sertifikasi tenaga terampil di Gedung Wiyata Mandala, sedangkan Bimtek pengawasan konstruksi di aula BPKAD Asmat.

"Peserta dari kegiatan Bimtek ini terdiri dari  100  peserta  dibagi menjadi dua yaitu, sertifikasi tenaga terampil sebanyak 50 orang dari tenaga konstruksi di Kabupaten Asmat, dan bimtek pengawasan  konstruksi sebanyak 50 orang perwakilan OPD Asmat setempat," ujarnya. (HA/SP)

Kategori:
Bagikan