Tiga Menu yang Cocok untuk Sahur Pertama. Cobain Yuk!

Minggu, 05 Mei 2019 10:13 WIT
Ilustrasi

Wah, tidak terasa ya besok dini hari semua umat Muslim sudah menjalankan sahur untuk pertama kalinya pada Ramadan kali ini. Tapi kamu masih bingung mau makan apa? Cobain menu sehat ini yuk!

 

alt text

Balado Cabe Hijau Ikan Tongkol

 

Bahan-bahan

1 ekor ikan tongkol(ukuran sedang)

2 buah jeruk kunci/lemon cui

Bumbu halus:

7 siung bwg merah

5 siung bwg putih

100 gr cabe hijau

1 sdt kaldu bubuk

1/2 sdm gula pasir

Secukup nya minyak

 

Cara membuat

 

1.Bersihkan ikan tongkol potong2 sesuai selera,lalu cuci sampai bersih, panaskan sedikit air beri sejumput garam lalu rebus ikan sampai mendidih dan air menyusut,matikan kompor

 

2.Panaskan secukup nya minyak lalu goreng ikan sampai kecoklatan angkat sisihkan

 

3.Rebus cabe sebentar sampai layu lalu angkat,ulek kasar cabe dan bawang,panaskan sedikit minyak lalu tumis sampai wangi dan bau lagur hilang masukan kaldu ikan sisa rebusan tadi tambahkan kaldu bubuk gula dan perasan jeruk kunci,aduk2 lalu masukan ikan lalu koreksi rasa kalau sdah pas angkat dan matikan kompor.

Sumber:cokpad.com

 

alt text

 Sup Ayam Sosis Bakso

 

 Bahan-Bahan:

 1/2 ekor Ayam 2 batang seledri potong

 1 bungkus penyedap rasa ayam

 1 sendok makan margarin 

100 gram buncis segar 

1 wortel,

 potong 2 buah kentang

 1 1/2 liter air 

2 batang daun bawang potong

 3 buah sosis ayam 

10 buah bakso sapi/ayam 

 

Bumbu Dihaluskan: 

3 butir bawang putih

 2 buah bawang merah

 7 butir lada butir 

Secukupnya garam 

Secukupnya gula pasir

 

 Cara Membuat 

 

Untuk membuat sajian kali ini Anda akan dapat membuatnya dengan mudah dan sederhana. Yakni dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah panci dan masukakn air kedalamnya yang sudah anda siapkan dalam resep. Lalu kemudian setelah itu, tunggu sampai air mendidih secara merata. Dan masukkan ayam kedalamnya. Rebus sajian ini dengan menggunakan api yang sedang secara merata. Sambil menunggu ayam yang direbus menjadi lebih matang secara merata maka silahkan siapkan wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Kemudian masukkan margarin kedalamnya dan tunggu sampai margarin menjadi lebih leleh secara merata. Kemudian masukkan bumbu yang sudah anda haluskan kedalamnya. Tumis semua sajian ini secara merata sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Lalu anda akan dapat mengangkat bumbu bila sudah harum dan masukkan kedalam rebusan. Lalu masak sampai mendidih dan tercium bau harum yang enak. Masukkan kentang kedalamnya bersama dengan wortel dan masak sampai setengah matang. Kemudian masukkan buncis kedalamnya dan masak sajian ini sampai empuk. Tuangkan sosis yang sudah dipotong-potong bersama dengan bakso ayam yang sudah anda siapkan. Lalu masak sampai empuk dan matang merata. Masukkan penyedap rasa dan tambahkan garam bersama dengan merica bubuk. Lalu aduk dengan merata dan pada saat hampur matang maka masukkan daun bawang bersama dengan seledri secara merata. Nah, kini sajian sup ayam bakso sosis sudah siap dan akan senantiasa anda nikmati.

Sumber. Selera.com

 

alt text

Ayam Suwir Bumbu Daun Jeruk yang Enak dan Mantap

 

 Bahan-Bahan:

 

 1 ekor ayam sedang

 1 sendok teh garam,

5 tangkai kemangi

100 ml santan dari 1/4 butir kelapa

2 lembar daun jeruk, buang tulangnya

2 cm lengkuas

memarkan 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

 

 Bumbu Halus: 

3 butir kemiri, sangrai 

2 cm jahe 

2 buah cabai merah besar

 3 siung bawang putih 

8 butir bawang merah

 2 cm kencur

 

 

Cara Membuat 

 

 Untuk membuat sajian kali ini, silahkan potong ayam menjadi 4 bagian secara merata. Anda dapat menggunakan pisau dan lakukan diatas tatakan untuk memotong ayam dengan merata. Lalu siapkan sebuah panci dan berikan dengan air kedalamnya. Lalu rebus ayam sampai matang dan dagingnya menjadi lebih pucat dan teksturnya menjadi lebih padat merata. Selanjutnya adalah dengan mengangkat ayam dari rebusan dan matikan kompor. Lalu tiriskan ayam dalam sebuah wadah dan tunggu sajian ini sampai agak dingin secara merata. Kemudian setelah itu, Siapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Tunggu sampai wajan agak panas baru tuangkan minyak kedalamnya. Tunggu sampai minyak panas merata dan masukkan bumbu halus kedalam wajan. Lalu tumis sajian ini sampai matang dan merata. Masukkan pula lengkuas kedalamnya bersama dengan daun jeruk. Aduk-aduk secara merata semua sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Lalu kemudian masukkan ayam yang sudah anda suwir-suwir secara merata dan aduk secara merata sajian ini sampai merata. Masukkan santan kedalam tumisan bumbu lalu masak sajian ini sambil diasuk sampai setengah matang dan bumbu meresap kedalamnya dengan merata. Masukkan daun kemangi pada saat sajian ini hampir matang. Lalu masak sebentar dan biarkan aroma daun kemangi menyeluruh dan meresap kedalam daging. 

 

Nah, setelah matang maka kemudian sajian ini akan dapat Anda nikmati selagi masih hangat bersama dengan nasi pulen menjelang waktu sahur nanti. Sajian ini mudah dibuat dan yang tentunya ayam adalah sajian yang sehat untuk disantap.

Sumber: Selera.com.

Kategori:
Bagikan