Polisi Awasi Konten Medsos Bernada Provokasi

Polisi Awasi Konten Medsos Bernada Provokasi
Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar - (Foto : Dok seputarpapua.com )

TIMIKA | Kepolisian menyebut pengguna media sosial saat ini lebih banyak menyebar konten bersifat provokatif, ketimbang hal-hal positif menyangkut keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, penyebaran konten bersifat provokasi, fitnah, dan lainnya di media sosial bisa berujung pada proses hukum bila ada yang merasa dirugikan.

“Umumnya di Medsos itu lebih ke info yang provokatif. Kami harap masyarakat kita cerdas dalam memilah konten yang digulirkan orang tidak bertanggung jawab,” kata Kapolda di Timika, Senin (21/8/17).

Kapolda mengatakan, kepolisian telah mengintensifkan pengawasan media sosial untuk memastikan sarana informasi publik itu tidak disalah gunakan oleh para penggunanya.

“Kami akan pantau terus konten di media sosial. Karena apabila konten provokatif dan tidak benar itu disebar luaskan, bisa berdampak pada masalah hukum sebagaimana diatur dalam UU ITE,” imbuhnya.

Tidak hanya konten bersifat provokatif, Kapolda menyebut para pengguna media sosial juga menyerang orang lain atau pihak tertentu dengan berbagai tudingan tak berdasar.

IKLAN-TENGAH-berita

“Saat ini banyak informasi dan tudingan yang sangat tendensius juga kepada kami (kepolisian) di media sosial,” ungkapnya.

Salah satu contoh, dimana Kapolda menyesalkan adanya tudingan yang menyebut aparat keamanan seolah-olah menjadi juru bicara PT Freeport, menyusul aksi amuk massa merusak fasilitas Freeport di Timika, Sabtu (19/8).

 “Ada anggapan bahwa kami seoalah menjadi juru biacara Freeport. Saya pikir itu anggapan orang tertentu saja. Kami alat negara dan berpihak kepada seluruh warga Negara, bukan kepada salah satu kelompok saja,” tegasnya.

“Kami aparat tidak toleran kepada perusuh demi untuk kepentingan masyarakat lebih luas. Seluruh aktifitas masyarakat di Timika harus kami yakinkan berjalan aman,” jelasnya. (rum/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar