Lima Kabupaten di Papua Terima Penghargaan Hari Otda

Senin, 06 Mei 2019 21:04 WIT
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal berpose bersama para bupati penerima penghargaan usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-23 di Provinsi Papua pada Senin (6/5) (Foto: Antara News Papua/Hendrina Dian Kandipi)

JAYAPURA | Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Papua menerima penghargaan Hari Otonomi Daerah (Otda) atas kinerjanya dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Jayawijaya, Biak Numfor dan Merauke.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, di Jayapura, Senin (6/5), mengatakan penilaian terhadap kelima kabupaten ini sudah melalui suatu proses yang baik sehingga prestasi ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi.

"Ini bukan perlombaan, namun merupakan sebuah stimulan atau rangsangan agar lebih semangat lagi membangun daerahnya," katanya.

Menurut Klemen, dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ini tentunya era reformasi yang memberikan otonomi khusus dengan sentralisasi (semua diatur di pusat) awalnya dan kini menjadi desentralisasi dapat memberikan peluang kepada daerah untuk berlomba-lomba bisa membangun wilayahnya masing-masing.

"Membangun daerahnya masing-masing ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh wilayahnya, hal inilah yang terus kami tekankan agar dapat berlomba-lomba dengan semangat otonomi khusus," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan semangat otonomi khusus maka dapat mengkapitalisasi kekuatan-kekuatan yang ada di Papua supaya dengan demikian kemajuan kualitas hidup dan apapun yang dibutuhkan masyarakat dapat dicapai dalam waktu relatif singkat.

"Dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, tidak lagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi sangat efisien juga responsif," katanya lagi.

Dia menambahkan melalui kebijakan desentralisasi, pemerintah daerah telah diberikan kewenangan lebih luas dalam mengelola dan menggarap potensi ekonomi di daerah, dengan demikian berbagai aktifitas ekonomi dapat bertumbuh pesat. (Antara/SP)

Kategori:
Bagikan