Pancake Coklat Bisa Menjadi Menu Buka Puasa Anda, ini Resepnya

Selasa, 07 Mei 2019 14:08 WIT

Bahan-bahan

Tepung terigilu 200 gram
Margarin 30 gram
Baking powder 0.5 sendok makan.
Telur ayam  2 butir.
Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
Susu cair sebanyak 1/4 liter saja.
Gula bubuk atau halus putih kurang lebih  1.5 sendok makan saja.

Bahan saus Pancake Coklat 

Coklat bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 10 gram saja.Coklat masak batangan atau yang padat kurang lebih sebanyak 50 gram saja.Tepung maizena supaya sausnya lebih kental kurang lebih sebanyak 1/2 sendok makan. Larutkan dengan air bersih sebanyak 1/2 sendok kecil lalu aduk sampai tercampur dan larut.Susu cair kurang lebih sebanyak 150 ml. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 35 gram sampai 50 gram .

Cara Membuat Pancake Coklat Yang Mudah dan Cepat

Langkah pertama kita buat adonan pancakenya dulu.Ambil satu wadah dan masukkan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya, baking powder, gula halus dan masukkan garam dapurnya lalu kocok dan mixer semua bahan tersebut sampai rata lalu sisihkan.Ambil satu wadah kecil lalu masukkan susu cair yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata.Masukkan campuran telur diatas ke dalam wadah adonan pertama sedikit demi sedikit sampai habis sambil diaduk aduk supaya tercampur rata.Masukkan margarin cairnya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk juga sampai habis dan semua bahan tercampur rata. Ambil wajan kecil anti lengket atau cetakan khusus pancake dan panaskan dengan api kecil sedang saja. Bisa diolesi dengan margarin sedikit saja atau tidak juga boleh. Setelah panas, ambil adonan satu sendok atau secukupnya dan tuang diatas penggorengan atau cetakan pancakenya.Setelah agak matang balik adonan dan angkat setelah matang dan berwarna agak kecoklatan. Ulangi sampai semua adonan habis.

Langkah kedua  membuat saus pancake coklatnya.

Ambil panci kecil dan masukkan susu cair, garam dapur beryodium, gula pasir dan coklat bubuknya. Masak sambil diaduk  sampai mendidih.Tuang tepung maizena yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu aduk  kembali sampai mendidih atau meletup meletup kemudian matikan kompornya. Segera masukkan coklat pekatnya kemudian aduk lagi sampai tercampur rata dan coklatnya tercampur dengan bahan saus pancake yang lain. Sumber: Selerasa.com

Selamat mencoba.

Kategori:
Bagikan