Sekber Bangga Lani Jaya dan Paniai Studi Banding di Asmat

Rabu, 08 Mei 2019 16:15 WIT
Bupati Asmat Elisa Kambu berfoto bersama dengan tim Sekber Asmat, Paniai dan Lany Jaya

ASMAT | Sekretariat Bersama (Sekber) Bangga Papua Kabupaten Lani Jaya dan Paniai melakukan studi banding terhadap implementasi program Bangun Generasi dan Keluarga Sejahtera (Bangga) Papua  di Kabupaten Asmat pada Selasa (7/5).

Tim Sekber Lani Jaya dan Paniai didampingi perwakilan Sekber Bangga Papua Provinsi Papua Totok Asbi Irianto, tim Mahkota, Kompak dan Bakti.

Di Agats, rombongan studi banding ini diterima oleh Bupati Asmat Elisa Kambu di aula Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat.

Turut menyambut Ketua DPRD Asmat Yusak Bokowi, Sekda Asmat Bartholomeus Bokoropces, sejumlah pimpinan OPD, para tokoh dan tim Sekber Bangga Papua Asmat.  

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan pemerintah dan masyarakat setempat menyambut baik kedatangan Sekber Bangga Papua Lani Jaya dan Paniai di Asmat. Sebab kehadiran tim ini bisa mendorong semangat Sekber Bangga Asmat untuk lebih meningkatkan kinerjanya.

“Melalui kegiatan ini kita bisa saling belajar, saling memotivasi agar program Bangga Papua dapat diterapkan dengan baik di masing-masing kabupaten,” kata Elisa.

Dikatakan, kesuksesan program Bangga Papua di Asmat berkat partisipasi seluruh pemangku kepentingan seperti kepala distrik, kepala kampung, para tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan TNI-Polri.

“Dukungan dari seluruh pemangku kepentingan ini mendorong pemerintah daerah dan tim sekber Asmat untuk lebih serius melaksanakan program Bangga di 224 kampung dan 23 distrik,” katanya.

Elisa menjelaskan bahwa pemerintah setempat menyambut baik program Bangga Papua, karena menurutnya program ini sangat membantu kabupaten/kota dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Program yang digulirkan pemprov ini bertujuan meningkatkan kesehatan dan gizi anak asli Papua, itu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM),” tuturnya.

Orang nomor satu di Asmat itu berharap tim sekber Lani Jaya dan Paniai bisa mempelajari capaian program Bangga Papua di Kabupaten Asmat, dan selanjutnya bisa diterapkan di kabupaten masing-masing.

Elisa menambahkan bahwa Bangga Papua selaras dengan sejumlah program Pemkab Asmat, seperti program Seribu Hari Pertama Kehidupan dan pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah.

“Tujuan program Bangga Papua ini sama dengan sejumlah misi Pemkab Asmat dalam upaya membangun generasi Asmat yang cerdas, sehat dan kompoten,” tandasnya. (NT/SP)

Kategori:
Bagikan