Awal Bulan Ramadan Harga Bawang Mulai Naik

Rabu, 08 Mei 2019 17:44 WIT
Suasana jual beli di Pasar Sentral Timika. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Harga Bawang di Pasar Sentral Timika diawal Bulan Ramadan mulai mengalami kenaikan.  


Salah satu pedagang pasar Sentral Eny mengatakan kenaikan harga bahan pokok ini sudah terjadi sebelum masuk bulan Ramadan. 


"Kenaikan bahan pokok ini sudah dari sebelum masuk ramadan, terutama pada harga bawang," tutur Eny di Timika, Rabu (8/5). 


Meski demikian, Eny menuturkan, secara keseluruhan harga bahan pokok masih normal, hanya saja yang mengalami kenaikan harga pada bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. 


"Kenaikan harga ini dikarenakan kurang adanya pasokan bawang, satu bulan terahir ini tidak ada kapal yang masuk sehingga persediaan bawang sangat terbatas, itu yang mempengaruhi naiknya harga bawang," ungkap Eny. 


Hal yang serupa terjadi pada pedagang lainnya Musripa, menurutnya kenaikan harga bawang selain karena kurangnya pasokan bawang dan tidak ada kapal yang masuk juga karena pemasok bawang libur dua hari semenjak awal Ramadan.


"Karena pemasok bawang juga libur jadinya kita membeli bawang dari pedagang lain yang memang stok bawangnya banyak dan dijual mahal sehingga harga jual bawang juga naik," katanya. 


Musripa mengatakan, informasi yang diperoleh sudah ada kapal Lauser yang masuk dan ada pasokan bawang dari Bima, jika pasokan bawang yang ada banyak maka bisa diprediksikan harga bawang akan turun dan kembali normal. 


"Apabila banyak pasokan bawang yang didatangkan dengan kapal yang sudah masuk hari ini maka harga bawang bisa kembali normal dan turun harga," tuturnya. 


Musripa menambahkan, harga bawang untuk masing-masing pedagang juga berbeda-beda tidak semua menjual dengan harga yang sama. 


"Perbedaan harga jual itu karna tergantung darimana kita membelinya, jika dari tangan ke tangan itu kadang kita jual mahal, karena dibandingkan dengan kita beli dari pemasok bawang itu lebih murah," ungkap Musripa (Cr-2/SP


Berikut daftar harga beberapa komoditas yang menjadi acuan di pasar Sentral Timika: 

Bahan pokok yang masi normal

1. Sayur Kangkung di jual Rp5 ribu /ikat 
2. Kol di jual Rp25 ribu /kilo
3. Tomat Rp35 ribu /kilo 
4. Worrtel Rp30 ribu/kilo
5. Kentang Rp25 ribu /kilo
6. Labusiam Rp20 ribu /kilo
7. Ikan Lema Rp20 ribu /kilo
8. Ikan Mata Bulan Rp35 ribu /kilo
9. Ikan Kutila Rp40 ribu /kilo
10.Ikan Cakalang/tongkol Rp25 ribu /kilo.
11.Ayam Beku besar Rp60 ribu /kilo

Kenaikan Harga

1. Bawang Merah Rp80 ribu /kilo, dari harga sebelumnya Rp60 ribu /kilo
2. Bawang putih Rp80 ribu /kilo,  dari harga sebelumnya Rp70 ribu /kilo
3. Bawang Bombai Rp80 ribu /kilo, naik dari sebelumnya 60 ribu / kilo

Kategori:
Bagikan