PPD di Enam Distrik Kabupaten Jayawijaya Tiba-tiba Menghilang

Rabu, 08 Mei 2019 18:43 WIT
Ronald M Manoach. (Foto: Dok SP)

JAYAPURA | Komisioner Bawaslu Papua Ronald Manoach membenarkan enam Panitia Pemilihan Distrik (PPD) di Kabupaten Jayawijaya hingga kini menghilang dan belum diketahui keberadaannya.

“Kami sudah meminta bantuan Polres setempat untuk mencari tahu keberadaan mereka,” kata Manoach kepada Antara, di Jayapura, Rabu (8/5).

Dia mengatakan, keenam PPD yang dilaporkan menghilang masing-masing dari distrik Maima, Silokarnodogai, Tagime, Walelagama, Wolo dan Yalengga.

Akibat ketidakberadaan keenam PPD menyebabkan pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat KPU Kabupaten Jayawijaya hingga saat ini belum selesai. 

“Bawaslu dan KPU Papua sudah membentuk tim diturunkan ke sejumlah kabupaten yang belum selesai melaksanakan pleno tingkat kabupaten,” kata Manoach yang mengaku tengah berada di Wamena bersama komisioner KPU Papua Zandra Mambrasar.

Ia berharap, keenam PPD dapat segera ditemukan sehingga rekapitulasi dapat dilanjutkan.

Tim supervisi terpadu Bawaslu dan KPU Papua akan turun ke sejumlah wilayah yang belum selesai melaksanakan rekapitulasi perhitungan suara, diantaranya Kabupaten Lanny Jaya, Paniai, Nabire, dan Tolikara guna mengetahui apa penyebab keterlambatan rekapitulasi.

“Memang saat ini sudah ada surat edaran dari KPU RI yang memperpanjang waktu perhitungan suara tingkat kabupaten/kota menjadi tanggal 10 Mei mendatang, namun diharapkan pelaksanaan rekapitulasi dapat dilaksanakan secepatnya,” kata Ronald Manoach. (Antara/SP)

Kategori:
Bagikan