BPN Papua Imbau Manfaatkan Penerbitan Sertifikat Tanpa Biaya

Jumat, 10 Mei 2019 14:35 WIT
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Provinsi Papua Arius Yambe (Foto: Antara)

JAYAPURA | Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Provinsi Papua mengimbau masyarakat di wilayahnya untuk memanfaatkan layanan penerbitan sertifikat tanah tanpa biaya atau gratis yang merupakan program Pemerintah Pusat.

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Provinsi Papua, Arius Yambe kepada Antara di Jayapura, Kamis (9/5) mengatakan khususnya kepada orang asli Bumi Cenderawasih, layanan penerbitan sertifikat gratis ini diberikan prioritas.

 

"Jadi BPN menggratiskan layanan pengurusan, pengukuran hingga penerbitan sertifikat tanah sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik," katanya.

 

Menurut Arius, jika masyarakat dipungut biaya oleh oknum petugas ketika melakukan pengurusan sertifikat tanah ini diharapkan segera melaporkan kepada BPN Provinsi Papua.

 

"Kami juga telah bekerja sama dengan Tim Saber Pungli sehingga pungutan-pungutan yang diambil dari proses pengurusan sertifikat tanah ini dapat dilaporkan," ujarnya.

 

Dia menjelaskan selain itu, pihaknya juga tengah mensosialisasikan aplikasi untuk pengurusan sertifikat tanah ini sehingga masyarakat dapat lebih mudah dan tidak dipersulit.

 

"Aplikasi yang sedang digencarkan ini bersifat pengurusan sertifikat tanah secara online atau daring (dalam jaringan), di mana masyarakat pun dapat menyampaikan keluhannya melalui sistem tersebut," katanya lagi.

 

Dia menambahkan dengan adanya aplikasi ini, diharapkan keluhan-keluhan masyarakat dapat segera dijawab dan diatasi, proses pengurusan sertifikat lebih cepat serta kendala sumber daya manusia tidak lagi menjadi masalah. (Antara/SP)

Kategori:
Bagikan