Aprida: Pelayanan Disdukcapil Sudah Sangat Maksimal

Jumat, 10 Mei 2019 17:47 WIT
Aprida. (Foto: Hadija Laisouw/SP)

TIMIKA | Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipi (Disdukcapil) Kabupaten Mimika Aprida mengatakan, pelayanan pada Disdukcapil sudah sangat maksimal

"Setiap loket itu untuk melayani KTP ada dua petugas, keterangan pindah domisili ada dua petugas, operator input data tiga petugas, untuk pindah masuk dua petugas, dan Capil tiga petugas," jelasnya saat di wawancara di ruang kerjanya, Jumat (10/4). 

Namun kata Aprida, saat ini kepedulian masyarakat dalam mengurus surat masih sagat kurang.

"Kami tetap memakai sistem budaya antre dan juga sudah membuat aturan bahwa untuk pengambilan berkas yang diurus pada loket sebelahnya, sehingga tidak ada masyarakat yang berjejeran depan loket," katanya

Kata Aprida, pihaknya sudah mengusulkan agar disiagakan tiga orang security untuk menangani keamanan, sehingga masyarakat yang datang bisa lebih tertib.

Ia juga mengatakan, ruangan di Kantor Disdukcapil sangat kecil. "Sehingga, sudah diusulkan agar kedepan Disdukcapil bisa memiliki gedung sendiri," katanya.

Aprida mengatakan bahwa masyarakat yang selalu komplain terkait kurang maksimalnya pelayanan Disdukcapil itu karena mereka tidak memahami.

"Ada beberapa hal yang sering menjadi masalah untuk masyarakat dalam pengurusan berkas, seprti kurangnya persyaratan berkas, data tidak ada disistem tapi memaksa petugas untuk memasukan dan maunya cepat, atau datanya bermasalah tetapi memaksa petugas untuk merubahnya," jelas Aprida

Seperti pengurusan berkas perubahan nama dan ganti tanggal lahir harus memiliki keterangan dari pengadilan. "Jadi tidak segampang itu mengubah data, ada aturan dan persyaratan yang harus dipenuhi," tutur Afrida. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan