30.000 KIA akan Dikeluarkan Disdukcapil Kabupaten Mimika

Jumat, 10 Mei 2019 18:13 WIT
Ilustrasi

TIMIKA | Untuk tahun 2019 ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Papua akan mengeluarkan 30.000 keping Kartu Identitas Anak (KIA). 

"Tahun ini sekitar bulan September nanti kita sudah mulai mencetak sekitar 30.000 keping KIA," ungkap Pelaksana Tugas Kepala Disdukcapil Kabupaten Mimika Aprida saat di wawancara di ruang kerjanya, Jumat (10/5).

Aprida juga menjelaskan bahwa, untuk mengurus KIA harus memiliki akte kelahiran berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

"Menjadi salah satu persyaratan untuk membuat KIA harus memiliki akte kelahiran yang sudah ada NIK, jadi untuk masyarakat yang memiliki anak jika akte kelahirannya belum berbasis NIK bisa untuk segera menggantinya pada Disdukcapil hanya dengan membawa akte kelahiran yang lama tanpa dipungut biaya," jelas Aprida

Ia juga mengatakan untuk batas usia pembuat KIA itu dari 0 bulan sampai dengan 17 tahun kurang 1 hari. 

"Kami juga sudah turun hampir ke semua sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Mimika untuk mengambil data dan sudah kami buatkan akte kelahiran berbasis NIK, tinggal hanya mencetak KIA-nya saja," tutur Aprida

Aprida kembali mengatakan bahwa, sudah sekitar 50 persen percetakan KIA. Untuk batas pembuatan KIA ini tidak dibatasi untuk jumlah anak dalam satu keluarga.

"Jika memenuhi syarat dan ketersediaan blanko masih ada kami tidak membatasi," katanya. 

Fungsi KIA secara keseluruhan sama dengan KTP hanya perbedaan warna saja.  KIA berwarna coklat. Untuk penggunaan foto pada KIA hanya pada anak usia 5 tahun keatas. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan