Suara Nasdem, Golkar, Demokrat Menguat Menuju Senayan

Sabtu, 11 Mei 2019 11:47 WIT
Pleno Rekapitulasi suara hari ke-empat yang digelar KPU Papua Barat, di Manokwari, Jumat (10/5/2019). (Foto: Antara)

MANOKWARI | Perolehan suara Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Golkar, dan Partai Demokrat semakin menguat untuk menduduki tiga kursi DPR dari daerah pemilihan Provinsi Papua Barat.

Pleno rekapitulasi tingkat provinsi di Papua Barat, Jumat (10/5), sudah merampungkan sembilan kabupaten/kota. Dukungan suara untuk tiga partai ini meningkat secara signifikan.

Pada hari keempat ini KPU Papua Barat sudah menyelesaikan rekapitulasi suara dari Kabupaten Teluk Wondama, Pegunungan Arfak, Raja Ampat, Kaimana, Manokwari Selatan, Tambrauw, Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Teluk Bintuni. Tersisa Manokwari, Fakfak, Sorong Selatan, dan Maybrat.

Dari hasil penghitungan sementara, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai NasDem berpeluang besar meraih kursi di senayan. Partai lain yang meningkat dukungannya yakni PDI Perjuangan dan Partai Gerindra.

Pada rapat pleno ke empat, Jumat, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan PDI Perjuangan dan Gerindra mendapat tambahan suara signifikan dari Kabupaten Sorong dan Teluk Bintuni.

Dari dua daerah itu, Partai Golkar mendapat tambahan suara sebanyak 26 638, Partai Demokrat (11.397), Partai NasDem (15.235), Partai Gerindra (9.938), dan PDI Perjuangan (13.523).

Dari sembilan daerah yang sudah menyampaikan hasil rekapitulasi perolehan suara cukup signifikan diperoleh dari Sorong. Partai Golkar meraih suara terbanyak yakni 20.720 suara. Robert Kardinal penyumbang suara terbanyak yakni 13.129 di kota itu.

PDI Perjuangan 19.220 suara dan sumbangsih terbesar berasal dari caleg nomor urut 2 Jimmy Demianus Ijie dengan perolehan suara terbanyak 13.046. NasDem 17.730 suara. Peraih dukungan suara terbanyak Rico Sia sekitar 14.989 suara.

Demokrat di Kota Sorong meraih 14.380 suara, penyumbang terbanyak Michael Watimena dengan 11.927 suara. Partai Gerindra memperoleh 13.553 suara. Caleg nomor urut 1 Ahmad Nausrau penyumbang tertinggi yakni 6.728 suara.

Para caleg kini sedang menunggu perolehan suara mereka dari empat kabupaten yakni Manokwari, Fakfak, Maybrat dan Sorong Selatan. KPU di empat daerah tersebut masih melangsungkan rekapitulasi suara dari distrik/kecamatan.(Antara/SP)

Kategori:
Bagikan