Festival Budaya Mimika untuk PON 2020

Festival Budaya Mimika untuk PON 2020
Muhamad Toha (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mimika mengusulkan festival budaya dalam rangka  menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 nanti

"Mungkin akan ada pertimbangan anggaran tapi kita usahakan sebisa mungkin untuk festival budaya ini," tutur Kadisporapar Kabupaten Mimika, Mohammad Toha, Jumat (10/5).

Festival budaya kata Toha untuk menghibur pesarta dan tamu yang datang ke Mimika saat penyelenggaraan PON 2020.

"Karena nanti banyak wisatawan asing ataupun lokal yang akan datang ke Kabupaten Mimika, sehingga ada warisan budaya yang kita tunjukan kepada mereka," ujarnya.

Dikatakan Toha, beberapa tahun sebelumnya dilakukann festival budaya tarian sekka.

"Ada usulan juga untuk membuat festival budaya ini tarian dua suku kamoro dan Amungme," ujarnya

Toha mengatakan bahwa untuk tarian festival budaya ini pihaknya fokus pada pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). 

"Karena adat budaya ini identitas, jadi kita harapkan melalui generasi mudah ini tidak gagap dalam identitas bangsa, tetapi kita hanya bisa mengusulkan kembali lagi kesanggupan tim anggaran," tambahnya. (Cr2/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *