Polsek Miktim Buka Puasa Bersama Masyarakat di Masjid Al-Haq Kampung Cenderawasih

Minggu, 12 Mei 2019 00:47 WIT
Suasana buka puasa bersama antara Polsek Miktim dengan masyarakat di Kampung Cenderawasih Pomako. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Untuk mempererat tali silaturahmi dan lebih mendekatkan diri antara kepolisian dengan masyarakat, Polsek Mimika Timur (Miktim) menggelar buka puasa bersama di Masjid Al Haq, Jalan Cenderawasih, Pomako, Sabtu (11/5).

Pada buka puasa bersama tersebut diisi dengan siraman rohani, yang dibawakan Aipda Syarifudin Rumabar. Dan dihadiri oleh Kabag Sunda Polres Mimika Kompol Arifin, serta pejabat sementara Kapolsek Mimika Timur Iptu J Maryen.

Kabag Sumda Polres Mimika, Kompol Arifin yang mewakili Kapolres AKBP Agung Marlianto mengatakan,  kegiatan ini bertujuan untuk bersilaturahmi kepada jamaah di Masjid Al Haq dan umat muslim di Jalan Cenderawasih Pomako. 

"Di bulan puasa ini mari kita tingkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Semoga mendapatkan berkah dan Rahmat Nya," ujarnya. 

Pada kesempatan ini, dirinya mengajak dan mengimbau kepada masyarakat, untuk tetap menjaga kamtibmas di Mimika tetap aman pasca pemilu.

"Saya harap masyarakat tidak terpengaruh terhadap isu-isu yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan. Dan tetap menjaga keamanan tetap aman dan kondusif," katanya.

Sementara Aipda Syarifudin Rumabar yang mewakili Polsek Miktim dalam tausiyahnya mengatakan, kegiatan ini merupakan safari ramadan untuk lebih mendekatkan polisi kepada masyarakat. Sehingga terjalin hubungan yang erat dalam menjaga situasi kamtibmas, khususnya di Miktim tetap kondusif.

"Masalah kamtibmas merupakan tanggungjawab kita bersama. Karenanya, melalui kegiatan ini mari bersama-sama bergandengan tangan dalam menjaga keamanan tetap kondusif," katanya.

Selain itu, dirinya juga berpesan bahwa ramadan merupakan bulan tarbiyah atau pendidikan. Karena orang puasa itu melatih untuk tawadhu (rendah hati), qonaah (selalu bersyukur), menjaga hal-hal yang tercela, amanah, serta menjaga silaturahmi dengan baik.

"Diharapkan setelah puasa ini, kita bisa menerapkan apa yang sudah kita latihan, agar di 11 bulan kedepan menjadi lebih baik. Dan terus meningkatkan iman serta taqwa kepada Allah SWT," tuturnya.

Selain buka puasa bersama, juga dilakukan pelaksanaan solat Maghrib secara berjamaah. Serta pemberian bingkisan kepada masyarakat, yang berupa kopiah dan sajadah.

Sementara diluar masjid, terlihat sejumlah pemuda gereja dan paramuka ikut mengamankan jalannya buka puasa. 

Para pemuda gereja ini, nantinya bertugas hingga umat muslim selesai menjalankan shalat tarawih. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan