Mahasiswa Papua Terima Beasiswa 10 Ribu Dolar AS

Senin, 13 Mei 2019 09:31 WIT
Gubernur Papua Lukas Enembe berpose bersama mahasiswa Papua yang berkuliah di Universitas Rhode Island (Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Papua/Antara)

JAYAPURA | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengklaim tujuh mahasiswa asli Bumi Cenderawasih menerima beasiswa dari Pemerintah Rhode Island Amerika Serikat (AS) masing-masing sebesar 10 ribu dollar AS untuk membiayai pendidikan selama berkuliah di Universitas Rhode Island (URI).

 

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam siaran persnya di Jayapura, Minggu (12/5), mengatakan pemberian beasiswa senilai 70 ribu dolar AS atau sekitar Rp1.050.000.000 tersebut merupakan salah satu kesepakatan antara Pemprov Papua dan URI yang tercantum dalam nota kesepahaman tentang kerja sama bidang pendidikan.

 

"Pemberian beasiswa bagi mahasiswa asli Bumi Cenderawasih sangat bermanfaat dan membantu Pemerintah Papua, pasalnya dengan berakhirnya pemberlakuan Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) bagi Provinsi Papua maka pemerintah akan kesulitan untuk membiayai beasiswa bagi anak-anak Papua yang kini sekolah dan kuliah di dalam maupun luar negeri," katanya.

 

Untuk itu, kata Lukas,  langkah kongkrit yang diambilnya selaku Gubernur Papua adalah membangun kerja sama dengan pemerintah, universitas maupun swasta dan perusahaan-perusahaan multinasional untuk menopang biaya pendidikan pelajar dan mahasiswa Papua melalui pemberian beasiswa.

 

"Otsus akan berakhir dan beasiswa dari dana Otsus juga berakhir, maka kami menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk membantu anak-anak Papua," ujarnya.

 

Dia menjelaskan pihaknya berterima kasih karena Pemerintah Rhode Island melalui URI membantu anak-anak Papua, di mana juga diharapkan perusahaan seperti Freeport Indonesia akan mendukung beasiswa untuk putra putri Bumi Cenderawasih.

 

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe dan Rektor Universitas Rhode Island (URI) David M Dooley pada Kamis (9/5) di Rektorat Green Hall University of Rhode Island, Providence ibukota Rhode Island negara bagian Amerika Serikat.

 

Beasiswa diberikan setiap tahun akademik dan berlaku untuk semua jenjang pendidikan mulai dari jenjang Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3). (Antara/SP)

Kategori:
Bagikan