00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

KPU Papua Optimis Pleno Provinsi Sesuai Target

KPU Papua Optimis Pleno Provinsi Sesuai Target
Suasana pleno rekapitulasi suara tingkat Provinsi Papua (Foto: Ist)

TIMIKA | Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Theodorus Kosay optimis bahwa pelaksanaan pleno tingkat provinsi sesuai waktu.

"Kami optimis pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tingkat provinsi bisa sesuai dengan waktui. Dan hari ini kami akan melakukan estafet sampai subuh. Kalaupun terlambat, maka sampai besoknya atau satu hari lagi," kata Theodorus Kosay di Jayapura, Minggu (12/5).

Kata dia, perkembangan pelaksanaan pleno ini terus di update atau diinformasikan ke KPU RI. Dimana sampai sekarang sudah 18 kabupaten yang melakukan presentasi. Namun baru 16 kabupaten yang selesai, sedangkan dua daerah masih di skors.

"Ya memang kalau pleno tingkat distrik terlambat, maka akan berpengaruh di kabupaten. Begitu juga pleno kabupaten terlambat, maka otomatis provinsi juga terlambat pleno," ujarnya.

iklan_lokal_dalam_berita

Ia mengatakan, untuk daerah-daerah yang bermasalah atau mengalami kendala, pihaknya terus melakukan komunikasi, supervisi, dan koordinasi dengan KPU kabupaten serta pihak lainnya.

Selain itu, menyurat kepada daerah untuk mempercepat pelaksanaan pleno, baik tingkat distrik maupun kabupaten.

"Kami juga telah memberikan surat teguran dan terus membangun komunikasi dengan daerah untuk memberikan semangat dan solusi," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk daerah yang belum selesai melaksanakan pleno ditingkat kabupaten, yakni Kabupaten Intan Jaya dan Asmat. Dan KPU Papua sudah menyurat untuk mempercepat.

Sementara untuk KPU Kota Jayapura, lanjut dia, informasi yang didapat ada perubahan angka yang tidak sesuai dengan C1 KWK di TPS, dan sampai di PPD berubah lagi. Sehingga ada protes perubahan, yang mengakibatkan dikembalikan ke PPD, dan ini yang membuat lama.

"Mudah-mudahan untuk Intan Jaya dan Asmat besok mereka sudah di Jayapura, sebelum jadwal mereka mempresentasikan di tingkat provinsi. Begitu juga Jayapura juga sudah selesai masalahnya," ungkapnya.(mkr/SP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar