Disnak Mimika Pastikan Pasokan Daging Ayam dan Sapi Aman Jelang Idul Fitri

Selasa, 14 Mei 2019 17:48 WIT
Yosefina Sampelino

TIMIKA | Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Mimika, Papua memastikan ketersediaan daging ayam dan sapi jelang Idul Fitri 1440 H aman. 


Kepala Dinas Peternakan (Disnak) kabupaten Mimika Yosefina Sampelino mengatakan, saat ini di Timika terdapat 8 distributor pemasok daging ayam dan sapi. Pihaknya, lanjut Yosefina telah memberikan rekomendasi untuk memastikan pasokan kebutuhan pokok itu aman. 


"Kami sudah mengeluarkan rekomendasi untuk menjamin ketersediaan daging ayam maupun sapi untuk mencukupi kebutuhan Idul Fitri nanti," tutur Yosefina saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Selasa (14/5) 


"Rata-rata peningkatan sekitar 10 persen. Itu bisa setiap tahun. Terkait harga, disesuaikan dengan harga pasar. Karena semua pasokan daging ini datang dari luar jadi disesuaikan dengan harga daging yang dibeli dari daerah asal," ungkapnya. 


Yosefina menuturkan, pihaknya telah memiliki peternak hasil binaan yang telah mampu memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan daging ayam warga Mimika. 

Untuk itu, pihaknya akan mulai mengurangi pasokan daging ayam dari luar Mimika.  


"Kami mulai memberlakukan pengurangan ini setelah selesai Idul Fitri. Nanti ada surat dari bupati terkait pembatasan kuota daging sebesar 10 persen. Karena peternak kita sudah mulai bereproduksi dengan baik," ujarnya. 


Meski demikian, Yosefina mengakui masih ada kendala dalam hal pengolahan ayam pasca panen.


"Karena itu harus memenuhi standarnya mulai dari pemotongan sampai dengan dikemas dalam plastik untuk dijual, karena mengingat kita hanya punya rumah potong unggas skala kecil tetapi kepasitasnya hanya 200 ekor perhari dan itu terlalu kecil. Sementara untuk kebutuhan ayam perhari saja harus sekitar 1000 ekor," jelas Yosefina. 


"Sebenarnya peternak juga sudah memiliki tempat untuk pemotongan tetapi itu juga kita harus pastikan karena ada banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti daging ayam yang dihasilkan harus higienis dan halal," jelasnya. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan