BPJS Ketenagakerjaan Mimika Sosialisasi Manfaat Program Perlindungan

Kamis, 16 Mei 2019 11:55 WIT
Sosialisasi produk BPJS Ketenagakerjaan di kelompok Tani SP 4. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Mimika, Papua menggelar Sosialisasi Manfaat BPJS Ketenagakerjaan sambil buka puasa bersama dengan para petani SP4, Rabu (15/5). 


Kegiatan tersebut diselenggarakan di sekretariat Kelompok Tani Gatra dengan tujuan memberikan edukasi kepada para petani tentang manfaat prodak BPJS Ketenagakerjaan. 


"Sebenarnya kegiatan ini adalah tindak lanjutan dari hasil kegiatan kami sebelumnya dengan Dinas Pertanian yang menyatakan bahwa petani disini (SP4) cukup produktif dengan usaha mandiri/informal," jelas staf Account Representative Khusus Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Mimika,  M. Asri, di Timika, Rabu. 


"Jadi kami harapkan sekiranya kegiatan hari ini memberikan efek yang berkelanjutan kepada kelompok petani lainnya, bisa saling menyebarkan informasi mengenai prodak BPJS Ketenagakerjaan di sektor pekerja bukan penerima upah," Tambahnya lagi. 


M. Asri menjelaskan, anggota kelompok tani di SP 4 yang sudah terdaftar sebanyak tiga kelompok dari empat kelompok yang ada, dengan jumlah peserta yang telah terdaftar sebagai perserta BPJS Ketenagakerjaan sekitar 60-70 orang. 


Dan yang membanggakan lanjut M. Asri pambayarannya yang dilakukan para petani bukan perbulan tetapi per enam bulan bahkan ada yang setahun. 


BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat prodak yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Pensiun. 


Untuk pekerja yang bukan penerima upah diwajibkan mengikuti dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. 


Jaminan Kecelakaan Kerja menanggung seluruh biaya-biaya apabila terjadi musibah pada si pekerja tanpa batas, misalnya musibah kecelakaan. 


"Karena dia sudah terdaftar sebagai anggota maka BPJS Ketenagakerjaan wajib membiayai mulai dari perawatan hingga pengobatan, dan apabila terjadi cacat bahkan kematian ada santunan-santunan yang kami bayarkan," jelasnya. 


Kelompok Tani Gatra adalah salah satu dari empat kelompok tani yang ada di SP 4 yang dipilih BPJS Ketenagakerjaan untuk bergabung dalam Program Perisai. 


Program Perisai itu adalah Program Penggerak Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Indonesia yang berfungsi sebagai agen perpanjangan tangan antara BPJS Ketenagakerjaan dengan para pekerja. 


Agen perisai inilah yang akan mengkoordinir para pekerja mulai dari pengenalan prodak, pendaftaran, pembayaran, pelaporan kelompok dan lain-lain. 


Koordinator agen Perisai SP 4, Siswanti mengatakan, program BPJS Ketenagakerjaan sangat baik untuk diikuti oleh petani sebagai proteksi terhadap resiko bekerja.  Terutama resiko kecelakaan. 


"Kami harapkan seluruh kelompok tani SP 4 agar bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan guna membentengi diri sendiri sejak dini dengan iuran 16.800 perbulannya," tutupnya. (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan