Penumpang KM Leuser Terserang Stroke Masih Dirawat di RSUD Mimika

Kamis, 16 Mei 2019 17:08 WIT
Adnan saat akan dibawa ke RSUD Mimika menggunakan ambulans setelah diturunkan dari KM Lauser. (Foto: Ist)

TIMIKA | Seorang penumpang Kapal Motor (KM) Leuser terserang stroke dan terpaksa diturunkan di Pelabuhan Pomako, Timika, saat dalam pelayaran dari Merauke - Surabaya, Selasa (14/5). 

Penumpang kapal milik Pelni bernama Adnan (50) tersebut hingga Kamis (16/5) masih menjalani perawatan di RSUD Mimika. Adnan sejauh ini hanya sebatang kara, tidak memiliki kerabat di Timika.

Humas RSUD Mimika Luky Mahakena mengatakan, kondisi kesehatan Adnan cukup menurun akibat stroke yang membuat sebagian tubuh bagian kanan tidak dapat berfungsi secara normal.

"Pasien ini tentu saja membutuhkan penanganan medis cukup lama akibat indikasi stroke yang diderita, seperti umumnya penderita stroke," kata Luky kepada Seputarpapua, Kamis (16/5).

Luky membenarkan, sejauh ini belum ada satupun keluarga Adnan yang datang melihatnya di rumah sakit. Meski begitu, sejumlah warga telah berkunjung atas keprihatinan mereka terhadap Adnan. 

"Ada semacam kunjungan sosial oleh beberapa warga yang datang melihat pasien tersebut. Tapi keluarganya belum ada sama sekali kami temukan," katanya. 

Menurut Luky, Adnan merupakan warga asal Palembang, Sumatera Selatan. Ia termasuk dalam etnis Minangkabau dan kebetulan terdapat paguyuban asal daerah itu di Timika, yaitu Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM).

"Saya sementara berusaha hubungi paguyuban Minang yang ada di Timika. Hari ini rencana mau cari dan bertemu dengan ketua paguyuban Minang," kata Luky.

Adapun diketahui, Adnan belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dan hanya membawa Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh kantor kelurahan di Kabupaten Merauke.

Dalam surat keterangan tersebut, tertulis identitas Adnan, tempat tanggal lahir Pelembang - 1 Desember - 1966, Islam, laki-laki, kawin, dan pekerjaan sebagai nelayan.

Juga tercantum alamat Adnan yang berdomisili di Jl. Radio RT 006/RW.002, Kelurahan Karang Indah, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan