Jelang PON, Pemkab Mimika Bersih-bersih Kota Timika

Jumat, 17 Mei 2019 15:19 WIT
Sejumlah pegawai dilingkup Pemkab Mimika sedang membersihkan sampah di Jalan Belibis. (Foto:Hadijah/SP)

TIMIKA | Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten Mimika menggelar bersih-bersih Kota Timika, bertajuk Bersih, Sehat, Rindang dan Indah (Berseri). 

Kegiatan ini dilakukan untuk menyiapkan Papua khusunya Kabupaten Mimika sebagai salah satu tuan rumah PON. 

Sehingga, perlu untuk memperhatikan dan meningkatkan kesadaran dan perilaku masyarakat terhadap kebersihan sampah Kota Timika. 

Kegiatan yang berlangsung pada, Jumat (17/5) di sejumlah jalan di Kota Timika sehingga dapat juga disebut sebagai Baksos Jumat Berseri. 

Kegiatan ini melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada pada lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mimika. 

Menurut pantauan Seputarpapua.com dilokasi Baksos pada pasar lama maupun pada Jalan Belibis terlihat peserta sangat antusias dalam memungut sampah sepanjang jalan area yang ditentukan. 

Menurut Kepala Bidang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ramli mengatakan bahwa, Kabupaten Mimika mengalami peningkatan produksi sampah selama bulan Ramadan dan pada Natal 2018 lalu. 

"Sampah di Kabupaten Mimika ini menjadi meningkat dari hari biasanya 150 ton per hari menjadi 200 ton perhari selama bulan Ramadan dan pada Natal," tutur Ramli.

Menurutnya, DLH sudah memiliki  10 truk pengangkut sampah serta tiga kendaraan roda tiga jenis kaisar dan satu ambrol atau mobil penarik kontener sampah. 

"Untuk menyambut PON nanti DLH akan mengusahakan untuk menambahkan tiga ambrol lagi sehingga dengan satu ambrol yang sudah ada jadi akan ada empat ambrol," ungkapnya.

DLH berencana akan menempatkan tempat-tempat sampah pada daerah yang penghasil sampah paling banyak seperti salah satunya pada pasar lama. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan