100 Pekerja Hotel dan Restoran di Timika Ikut Uji Kompetensi

Jumat, 17 Mei 2019 17:02 WIT
Para pekerja hotel dan restoran di Timika saat mengikuti pembukaan fasilitasi uji kompetensi yang digelar oleh Kementerian Pariwisata. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Sebanyak 100 orang pekerja hotel dan restoran di Timika, Jumat (17/5) mengikuti uji kompetensi kepariwisataan yang digelar oleh Kementerian Pariwisata di Resto 66 di Jalan Cenderawasih.

Para pekerja diuji oleh asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Anging Mamiri Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan pada Kementerian Pariwisata.

Asisten III Setda Mimika, I Nyoman Putu Arka usai membuka kegiatan tersebut mengatakan, di era globalisasi dan pasar bebas, masyarakat dipacu untuk bersaing agar mendapatkan kehidupan yang layak. 

Salah satu idustri yang memiliki prospek perkembangan sangat cepat adalah hotel dan restoran. Industri ini menjadi tulangpunggung bagi sektor pariwisata.

“Tantangan di sektor industri adalah meningkatkan daya saing yang kompetitif. Untuk itu, dibutuhkan kualitas SDM serta informasi dan teknologi. Karenanya, perusahaan dituntut memiliki SDM yang handal agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen,” katanya.

Untuk mendapatkan SDM yang berkualitas, maka diperlukan suatu uji kompetensi agar mampu bekerja sesuai standar yang berlaku.

 Uji kompetensi mendapat apresiasi dari Pemda Mimika. “Setelah komptensi ini, diharapkan para pekerja bisa merubah sikap prilaku dan pola pikir dalam bekerja. Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa optimal. Inibmomentum agar kita mampu berkompetensi untuk terciptanya kualitas daya saing yang handal,” katanya (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan