Umat Buddha di Mimika Rayakan Hari Trisuci Waisak 2563 TB

Jumat, 17 Mei 2019 23:26 WIT
Umat Buddha Kabupaten Mimika (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Umat Buddha di Kabupaten Mimika, Papua, pada Minggu (19/5), akan merayakan Hari Trisuci Waisak 2563 TB/2019 dengan mengusung tema nasional 'Mencintai Tanah Air Indonesia". 

Ketua Majelis Buddhayana Indonesia Kabupaten Mimika, Jemmy Mulyono, mengatakan kegiatan perayaan tiga peristiwa penting (Trisuci Waisak) tahun ini dipusatkan di Cetiya Giri Loka, Kampung Naena Muktipura (SP 6), Distrik Iwaka. 

"Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya. Kami mengajak seluruh umat Buddha Kabupaten Mimika untuk ikut merayakan Hari Tri Suci Waisak 2563 TB/2019," tutur Jemmy Mulyono kepada Seputarpapua, Sabtu (17/5). 

Jemmy mengajak umat Buddha di Kota Timika yang hendak mengikuti kegiatan tersebut, dapat berkumpul di Toko Cahaya Timika, Jalan Yos Sudarso, Minggu (19/5) pagi pukul 07.30 WIT. 

"Bagi yang tidak punya kendaraan, kita bisa berangkat sama-sama dari Toko Cahaya Timika menuju SP 6," imbuh Jemmy. 

Rangkaian perayaan Trisuci Waisak, kata Jemmy, akan diawali dengan pemberkahan, kemudian ibadah Waisak, pesan Waisak, lalu ditutup dengan ibadah dan ramah tamah. 

Pada momentum tersebut, Jemmy mengajak seluruh umat Buddha khususnya di Mimika untuk kembali menggali nilai-nilai kearifan budaya Indonesia, serta memberikan keteladanan bagi generasi,  dan menjadikan agama sebagai sumber ketentraman.

"Kemudian kebhinekaan sebagai kekuatan persatuan, dan pancasila sebagai dasar dan prilaku hidup dalam berbangsa,  bernegara dan beragama," tuturnya. 

Di samping itu, umat Buddha harus senantiasa memiliki perbuatan, ucapan,  pikiran berdasarkan cinta kasih, saling berbagi, tidak saling menyakiti dan menghargai segala bentuk perbedaan. 

"Cintailah Tanah Air Indonesia. Jayalah bangsaku, jayalah negeriku, jayalah Indonesiaku. Selamat Merayakan Hari Tri Suci Waisak 2563 TB/ 2019," pungkas Jemmy. (rum/SP)

Kategori:
Bagikan