Departemen Lingkungan Freeport Ikut Terlibat Bersih-bersih Kota Timika Sambut PON

Sabtu, 18 Mei 2019 14:42 WIT
Satu mobil pickup dan truk mengangkut sampah yang berhasil dikumpulkan disepanjang Jalan Leo Mamiri, Jumat (17/5). (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Departemen Lingkungan (Environmental) PT Freeport Indonesia ikut terlibat dalam bersih-bersih Kota Timika bertajuk Berseri (Bersih, Sehat, Rindang, Indah), yang digelar Pemkab Mimika untuk menyambut PON XX, tahun 2020.

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (17/5) diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Mimika, dan pihak BUMN, serta BUMD. 

Untuk Departemen Lingkungan Freeport menurunkan 50 orang. Titik yang dibersihkan mulai Jalan Leo Mamiri depan Kantor PLN hingga di ujung pasar damai.

Dijalur yang dibersihkan tersebut tidak hanya dari Departemen Lingkungan Freeport, tetapi ada juga dari BNN dan Dinas Koperasi dan UKM.

Chief Environmental Awareness PT Freeport Indonesia, Maria Cristina Pek mengemukakan bahwa, kegiatan bersih-bersih yang dilakukan ini adalah tanda bukti pihaknya untuk mendukung kegiatan Pemerintah Kabupaten Mimika. 

"Kami akan mendukung aturan atau regulasi yang dibuat oleh pemerintah daerah sehubungan dengan lingkungan. Dan kami berharap lingkungan akan lebih baik lagi dari waktu ke waktu," katanya. 

Diakui, banyaknya sampah plastik dan botol-botol minuman yang ditemui. Hal ini menandakan kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan sekitar. 

"Masyarakat perlu diajak untuk dapat membuang sampah pada tempat pembungan sampah yang disediakan, bukan dibuang dipekarangan rumah," tuturnya. 

Dari hasil bersih-bersih mulai Jalan Leo Mamiri depan Kantor PLN hingga di ujung pasar damai, terkumpulkan sampah sebanyak satu mobil pickup, dan satu truk. (CR-03/SP)

Kategori:
Bagikan