Tim SAR Berhasil Temukan 10 Pencari Kepiting di Timika yang Dilaporkan Hilang

Minggu, 19 Mei 2019 13:07 WIT
Tim SAR saat melakukan pancarian longboat yang hilang

TIMIKA | Tim SAR berhasil menemukan 10 pencari kepiting di Muara Agimuga 2, Mimika, Papua, yang sebelumnya dilaporkan hilang sejak Minggu (12/5).

Ke-10 pencari kepiting itu ditemukan dalam keadaan selamat di Muara Agimuga 2, pada Sabtu (18/5), setelah dilakukan pencarian sejak Jumat (17/5).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury mengatakan, ke-10 pencari kepiting itu ditemukan sekitar pukul 16.40 WIT. 

Sebelumnya, pada pukul 12.50 WIT, Tim SAR yang diterjunkan melakukan pencarian mendapat laporan dari masyarakat, bila mereka yang di cari itu sedang mencari kepiting di perairan Agimuga 2.

Untuk memastikan informasi tersebut, Tim SAR kemudian menunggu di lokasi camp pencari kepiting.

Alhasil, merekapun menemukan para pencari kepiting dalam keadaan selamat dan sehat. 

"Korban 10 orang sudah ditemukan, dan di data semua lengkap serta dalam keadaan sehat," kata Monce dalam keterangan tertulisnya, Sabtu malam. 

Saat ini, para korban sedang berada di Pos SAR di Pulau Yapero. Menurut rencana,  Minggu (19/5) besok seluruh korban akan dievakuasi ke Posko SAR yang berada di Poumako, Timika. 

Monce menambahkan, unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini terdiri dari Rescue Kantor SAR Timika, TNI AL, Koramil Agimuga, Kapolsek Agimuga, ORARI, Polairud, dan masyarakat. 

"Korban di bawah ke posko Yapero untuk rencana lroses evakuasi ke Timika," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 10 pencari kepiting di Muara Agimuga 2, Mimika, Papua, dilaporkan hilang sejak Minggu (12/5) lalu. 

Hilangnya para pencari kepiting itu dilaporkan Kornelis Kamarace (50), di Pos SAR yang berada di Poumako, Jumat (17/5) pukul 11.30 WIT. 

Dalam laporan Kornelis menyebutkan bahwa ke-10 orang itu masih merupakan keluarganya. 

Mereka pergi mencari kepiting di Muara Agimuga 2 sejak Senin (6/5) dari Poumako menggunakan longboat bermesin 15 PK. 

Menurut rencana, mereka akan kembali Poumako, pada Minggu (12/5) lalu. Namun, hingga Jumat pagi mereka tak kunjung tiba. 

Adapun ke-10 orang itu yakni, Titus, Yohanes, Niko, Theo, Korenelis, Apol, Yance, Maria, Agustus, dan Yan.(Ipa/SP)

Kategori:
Bagikan