Polisi di Mimika Berikan Pelayanan Medis Gratis, Hingga Operasi Minor

Minggu, 19 Mei 2019 18:56 WIT
Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto melihat langsung pelayanan medis gratis. (Foto: Ipa/SP)

TIMIKA | Kepolisian Resor Mimika, bersama Direktorat Polairud Polda Papua, Pemkab Mimika, dan doctorSHARE, menggelar pelayanan medis gratis di Klinik Tribrata, di Jalan Yos Sudarso, Kota Timika.

Pelayanan medis gratis melibatkan tim medis dari doctorSHARE sebanyak 21 orang, RSUD 3 orang, Polres Mimika 6 orang, PMI 7 orang dan TNI AU 3 orang. Selain itu ada pula tim medis dari Puskesmas Timika dan Arwanop. 

Pelayanan medis ini berlangsung selama 2 hari, Minggu (19/5) dan Senin (20/5).

"Kegiatan ini digagas oleh Kasat Polair Polres Mimika Iptu J. Limbong bersama Direktorat Polairud Polda Papua," kata Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto dalam sambutannya membukan kegiatan pelayanan medis gratis, Minggu (19/5).

Sementara kepada wartawan, AKBP Agung Marlianto mengatakan, pelayanan medis gratis dilakukan sebagai bentuk kepedulian pihak kepolisian dan pihak terkait kepada masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan yang mungkin tidak dapat dijangkau dengan kartu jaminan kesehatan. 

"Ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada saudara-saudara kita yang terganggu kesehatannya yang mungkin tidak terjangkau kartu jaminan kesehatan. Kita memberikan fasilitas pelayanan medis gratis dan obat gratis," katanya.

Menurut Agung, pada tahun 2018 lalu, pelayanan medis serupa dilakukan ditiga titik. Yakni Poumako, Kwamki Narama, dan Klinik Apung milik doctorSHARE.

Sedangkan di tahun 2019 ini dilakukan di Klnik Tribrata milik Polres Mimika. Adapun tim medis yang terlibat terdiri dari tim doctorSHARE, PMI, RSUD, TNI AU, Puskesmas, dan Klinik Tribrata. 

"Dengan pelayanan medis gratis ini mudah-mudahan dapat membantu meringankan masyarakat yang ingin berobat," pungkas Agung. 

Sementara itu, menurut dokter Mieke dari doctorSHARE mengatakan, 21 tim yang diturunkan terdiri dari dokter spesialis bedah, dokter umum, perawat dan relawan lainnya. 

Selama pelayanan medis juga dilakukan operasi minor, seperti operasi daging tumbuh, tahi lalat, bisul, dan lainnya. 

"Untuk balai pengobatan umum seperti yang mengalami sakit kepala, sakit pinggang, batuk flu dan lainnya," tuturnya. (Ipa/SP)

Kategori:
Bagikan