Sebelum Pemakaman, Almarhumah Mama Nela Omaleng akan Disemayamkan di Pendopo

Senin, 20 Mei 2019 15:37 WIT
Bupati Mimika Eltinus Omaleng didampingi Ketua DPRD Elminus Mom dan beberapa pimpinan OPD membahas prosesi pemakaman Almarhumah Mama Nela Omaleng. (Foto: Hadija Laiosouw/SP)

TIMIKA | Pemkab Mimika bersama pihak keluarga hingga Senin (20/5) dini hari telah mempersiapkan pemakaman Almarhumah Nela Beanal Omaleng, istri Bupati Mimika Mimika yang wafat pada Minggu (19/5). 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mimika ini rencananya akan dimakamkan di halaman rumah duka, kediaman Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Kelurahan Timika Jaya (SP 2), Selasa (21/5) besok.

Hal itu disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Mimika, Papua, I Nyoman Putu Arka, usai melakukan rapat persiapan pemakaman di kediaman Bupati Mimika, Senin. 

I Nyoman mengatakan, sebelum jenazah almarhumah dikebumikan, terlebih dahulu akan disemayamkan di Pendopo Rumah Negara untuk dilalukan proses serah terima jenazah dari Pemkab Mimika kepada keluarga. 

"Jadi nanti jenazah akan berangkat dari kediaman bupati pukul 08:00 WIT dan proses serah terima jenazah di pendopo kurang lebih dua jam sampai dengan pukul 10:00 WIT," kata I Nyoman. 

Menurut Nyoman, para pelayat nantinya bisa memberikan penghormatan dan turut berbelasungkawa di Pendopo Rumah Negara. 

Setelah proses serah terima, jenazah selanjutnya akan diberangkatkan dengan iring-iringan kendaraan ke rumah duka di kediaman Bupati Mimika, SP 2. 

"Untuk di persemayaman, selanjutnya akan dilakukan ibadah, dan setelah ibadah akan di llanjutkan dengan prosesi pemakaman," jelas Nyoman. 

Proses pemakaman almarhumah yang merupakan pengurus salah satu organisasi pemerintahan (PKK), secara protokoler akan dilakukan oleh Pemkab Mimika. 

"Di pendopo hanya dilakukan pelepasan saja, sementara do'anya dan pemakaman di kediaman Bupati Kelurahan Timika Jaya SP 2," katanya. 

Terkait pengamanan untuk pemakaman, Nyoman berharap, Satpol PP, Dishub dan Kapolres Mimika melalui Satuan Lalu Lintas bisa menerjunkan personelnya dalam rangka ketertiban lalu lintas. 

"Sehingga prosesi dari pemakaman Mama Nela Beanel Omaleng ini dapat berjalan dengan baik, lancar, tertib dan tentunya khidmat," kata Nyoman.

Mama Nela Beanal Omaleng meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, Minggu (19/5) sekitar pukul 09.00 WIT. 

Istri pertama Bupati Eltinus Omalemg menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan penyakit reumatik dan darah tinggi yang dideritanya. 

Mama Nela sebelumnya jatuh pingsan di rumahnya di Timika Indah saat hendak berangkat ibadah pada sekitar pukul 08.00 WIT pagi, kemudian dilarikan ke RSUD Mimika. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan