Suasana Haru Menyelimuti Pemakaman Istri Bupati Mimika

Selasa, 21 Mei 2019 17:14 WIT
Almarhumah Nela Beanal Omaleng saat disemayamkan di pendopo rumah negara sebelum dimakamkan. (Foto: Hadijah/SP)

TIMIKA | Suasana haru menyelimuti prosesi pemakaman almarhumah Nela Beanal Omaleng, istri dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng, di halaman kediaman pribadi bupati, Kelurahan Timika Jaya, SP 2, Kota Timika, Selasa (21/5).

Nampak ribuan pelayat tak kuasa menahan tangis haru saat jenazah diturunkan ke liang lahat. Begitupun dengan pihak keluarga yang meneteskan air mata. 

Sebelum pemakaman, jenazah Nela Beanal Omaleng yang biasa disapa Mama Nela terlebih dahulu di semayamkan di pendopo rumah negara.

Selanjutnya, oleh Pemkab Mimika yang diwakili Asisten I Setda Mimika Demianus Katiop menyerahkan jenazah ke pihak keluarga. 

Prosesi penyerahan jenazah ini juga sekaligus pembacaan riwayat hidup Mama Nela semasa hidupnya oleh Kepala Dinas Perikanan Lince  Siwabessy. 

Asisten I Setda Mimika Demianus Katiop kemudian menyampaikan bela sungkawa atas nama Pemkab Mimika kepada keluarga besar Beanel-Omaleng. 

"Semoga kelurga besar diberi ketabahan hati dan mengikhlaskan almarhumah Mama Nela karena kematian adalah kehendak Tuhan yang tidak mungkin di hindari," tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa, Almarhumah adalah sosok pemimpin yang baik dan bertanggung jawab, serta merupakan Ketua Penggerak PKK Kabupaten Mimika. 

"Beliau merupakan sosok pekerja keras dan selalu menunjukan motivasi yang kuat dan luar biasa, sebagai pemberdayaan dan motivasi bagi prempuan di Mimika," ungkapnya.

Selama proses persemayaman berlangsung, terlihat anak-anak Almarhumah tak henti-hentinya menetaskan air mata, seolah tidak percaya bila Mama mereka yang dicintai telah tiada. 

Bahkan, Bupati Eltinus Omaleng terlihat meneteskan air mata saat meyampaikan terima kasih kepada seluruh pelayat, dan mengisahkan hidupnya semasa bersama Almarhumah. 

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pelayat yang ada, dan juga untuk Pemerintah Daerah yang telah membuat acara pemakaman Istrinya sangat Besar dan khidmat," ucapnya.

Bupati Eltinus juga mengatakan telah hidup bersama Almarhumah selama 29 tahun. Semasa hidupnya, Almarhumah dikenal sebagai sosok istri yang sangat baik. Baik itu kepada keluarga maupun sesama umat. 

"29 tahun saya hidup dengan almarhumah sangat baik beliau sosok ibu yang baik istri yang baik dan juga umat yang baik karena saya yakin keimanannya terhadap tuhan sangatlah kuat," tuturnya. 

"Semoga Almarhumah berada di sisi Bapa-Nya," tambahnya. 

Setelah selesai disemayamkan, jenazah kemudian di bawa kembali ke kediaman pribadi bupati untuk selanjutnya dimakamkan. 

Prosesi pemakaman dihadiri seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Mimika, Fokompinda,  Anggota Penggerak PKK, dan masyarakat. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan