Bank Mandiri Layani Penukaran Uang Pecahan Kecil Jelang Lebaran

Selasa, 21 Mei 2019 18:21 WIT
Karyadwina Ukar

TIMIKA | Bank Mandiri Cabang Mimika, Papua, membuka pelayanan penukaran uang pecahan kecil guna memenuhi permintaan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah/2019 masehi. 


Kepala Cabang Bank Mandiri Timika, Karyadwina Ukar, kepada Seputar Papua, Senin (21/5), mengatakan sebagai perwakilan Bank Indonesia di Kabupaten Mimika, pihaknya telah menyalurkan uang pecahan kecil sebesar Rp5 miliar ke perbankan di Timika sejak Kamis (16/5) lalu. 


"Uang yang telah didroop BI kepada Bank Mandiri tidak lantas hanya untuk transaksi Bank Mandiri saja, akan tetapi telah dibagikan kepada seluruh perbankan di Timika," kata Karyadwina. 


Karyadwina mengungkapkan, aktivitas penukaran uang pecahan kecil sudah berlangsung sejak Jumat (17/5) pekan lalu, dan masih terus berlangsung hingga kini. 


"Kami siap melayani pemenuhan kebutuhan masyarakat akan uang kecil menjelang lebaran nanti. Telah kami koordinasikan ke BI Jayapura, kemudian telah mendroop ke kami hari Kamis lalu tetapi stoknya terbatas dan telah kami bagikan juga ke perbankan lainnya di Timika," jelasnya. 


Ia menuturkan, jika masih memungkinkan pihaknya akan mengajukan pecahan uang kecil ke BI, apabila permintaan masyarakat masih tinggi sementara persediaan telah habis.


Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan uang tunai, BI juga telah menambah kas titipan Bank Mandiri sebesar Rp150 miliar untuk memenuhi kebutuhan seluruh perbankan di Timika selama hari raya Idul Fitri. 


"Jadi teman-teman perbankan yang lainnya jika membutuhkan uang tunai, maka bisa datang ke Bank Mandiri," ujarnya. 


Sementara untuk transaksi penarikan tunai di ATM, Bank Mandiri telah membentuk tim untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai. Bank 'berplat merah' tersebut juga akan berupaya memastikan seluruh mesin ATM berfungsi secara normal. 


"Kami juga telah membuat tim piket untuk memantau pemenuhan kebutuhan uang tunai khususnya di ATM, hal itu kami lakukan untuk mengantisipasi agar tidak ada ATM yang kosong saat libur Lebaran nanti, dan juga jika terjadi trouble pada mesin ATM itu ada tim khusus yang memantaunya," kata Karyadwina


"Jadi jangan kuatir, kami dari Bank Mandiri akan komit menjaga ATM-ATM kami berfungsi dengan baik dan persediaan dananya kami jaga sehingga tidak ada ATM yang kosong," pungkas Karyadwina. (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan