Umat Budha di Mimika Mulai Bangun Vihara

Selasa, 21 Mei 2019 18:26 WIT
Pembersihan lahan sebagai tempat pembangunan Vihara untuk tempat ibadah umat Budha di Mimika. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Umat Budha di Mimika, Papua, mulai membangun Vihara sebagai tempat ibadah. Sebagai langkah awal, saat ini tengah dilakukan pembersihan lahan.

Vihara yang dibangun ini terletak di kompleks Irigasi, Jalan Hasanuddin, Kota Timika, dengan luas lahan 9.584 meter persegi.

“Sekarang ini kami tengah melakukan ‘land clearing’ (pembersihan lahan). Dan nantinya akan dilakukan dengan penimbunan, serta pemadatan tanah,” kata Ketua Majelis Budhayana Indonesia (MBI) Kabupaten Mimika, Jemmy Mulyono, di Timika, Selasa (21/5).

Jemmy mengaku, pembangunan Vihara ini sudah sangat di rindukan umat Budha di Mimika. Meski baru terealisasi pembangunannya di tahun 2019 ini. 

Setelah pembersihan lahan, penimbunan, dan pemadatan lahan selesai, maka akan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama, untuk pembangunan Kuti yang merupakan rumah biksu.

“Untuk rencana peletakan batu pertama, akan dilakukan dalam waktu dekat. Dalam arti, kalau lahan sudah siap maka akan dilakukan peletakan batu pertama,” ujarnya.

Menurut Jemmy, pembangunan Vihara ini ditagetkan selesai sebelum perayaan Waisak tahun 2020.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten Mimika.

“Kami menargetkan selesai pembangunan Vihara ini tahun depan. Dan karenanya, kami membutujhkan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan pembangunannya,” tuturnya. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan