Telkomsel Pastikan Selama Idul Fitri Jaringan Telekomunikasi Papua-Maluku Lancar

Kamis, 23 Mei 2019 19:23 WIT
General Manager ICT Operation Regional Papua Maluku, Muhammad Idham Kadir (tengah), Manager Branch Telkomsel Timika, Nopranda Dirzan (kiri), dan Manager NS Timika, Priambodo Kurniawan (kanan). (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Telkomsel yang merupakan salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, memberikan jaminan jaringan telekomunikasi saat hari raya Idul Fitri berjalan lancar, khususnya area Papua-Maluku (Papuma).

General Manager ICT Operation Regional Papua-Maluku, Muhammad Idham Kadir mengatakan, setiap lebaran pelanggan Telkomsel di area Papuma selalu berkurang sekitar 3-4 persen setiap tahunnya. 

Hal ini dikarenakan, kebanyakan pelanggan melakukan mudik lebaran, baik ke Pulau Jawa, Sulawesi, maupun lainnya.

“Setiap tahun itu pelanggan kami selalu berkurang. Dan rata-rata pengurangan yang terjadi 3-4 persen,” kata Idam saat ditemui di Timika, Selasa (21/5).

Kata dia, meskipun pelanggan disaat lebaran berkurang, pihaknya terus melakukan penambahan kapasitas jaringan, seperti layanan voice (suara). Dimana peningkatan untuk layanan ini bisa mencapai 100 persen. Dan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penambahan traffic.

“Walaupun 2-3 tahun terakhir untuk layanan voice ini tidak ada penambahan yang signifikan. Tapi tetap kita tingkatkan kapasitasnya,” ujarnya.

Sementara untuk broadband atau layanan internet, setiap tahunnya mengalami kenaikan yang signifikan.

Dari itu, khususnya untuk wilayah Regional Papua-Maluku, sebanyak 6.226 BTS telah dioptimalkan untuk Ramadan dan Idul Fitri (RAFI). 3.775 BTS diantaranya adalah BTS broadband. 

Khusus untuk Timika, Telkomsel membangun cukup banyak BTS broadband untuk mengcover 4G 900, 4G 1800 dan 4G 2300. Diharapkan bisa mengatasi kebutuhan traffic di hari lebaran yang tinggal dua minggu lagi.

“Telkomsel akan terus siaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jaringan akan terus dipantau, sehingga pelanggan bisa merasakan kenyamanan dan bisa melakukan mudik dengan penuh kebahagiaan,” tuturnya.

Ia menambahkan, secara nasional dari sisi jaringan, untuk memastikan kesiapan jaringan dalam mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama periode RAFI, Telkomsel  telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. 

Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI ini didukung lebih dari 197.000 BTS di seluruh Indonesia. Termasuk sekitar 70 ribu BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data. 

“Dengan penataan ulang pita frekuensi (refarming) 800 dan 900 Mhz, menjadikan pita frekuensi radio yang berdampingan (contiguous). Sehingga Telkomsel dapat lebih leluasa dan fleksibel, dalam meningkatkan teknologi seluler yang diimplementasikan,” tuturnya. (mkr/SP)

Kategori:
Bagikan