Dinkes Mimika Imbau Masyarakat Waspadai Virus Cacar Monyet

Kamis, 23 Mei 2019 21:52 WIT
Alfred Douw

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyebaran virus cacar monyet atau Monkeypox yang saat ini sudah ditemukan di Singapura.

Kepala Dinas Kesehatan Alfred Douw mengatakan, meski penyakit ini belum ditemukan di Mimika, namun masyarakat harus mewaspadainya sebab  jenis penyakit ini adalah penyakit menular. 

"Kita di Papua ini belum ada virus ini, tapi saya menghimbau agar tetap waspada dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar," tutur Alfred saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/5).

Sebagai bentuk antisipasi, kata dia, pihaknya melakukan sosialiasi melalui bagian seksi penanganan penyakit menular, untuk mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan terus menjaga kesehatan. 

Pasalnya virus cacar monyet ini sudah ada di Singapura, sehingga perlu adanya tindakan-tindakan untuk mencegah datangnya virus ini. 

"Dalam usaha mencegah penyakit itu, saya berharap kepada semua masyarakat untuk punya kesadaran diri dan juga setiap kelompok masyarakat, kelompok suku yang ada untuk saling mengingatkan dalam mencegah penyakit tersebut," katanya.

Penyakit Cacar monyet ini ditularkan dari hewan ke manusia, bisa juga ditularkan melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi kulit atau mukosa hewan yang terinfeksi. 

"Sepertinya virus cacar monyet ini akan sama kasusnya dengan Demam Berdarah Dengue (DBD), karena dulu hampir 60 tahun saya hidup di Mimika ini tidak ada yang namanya DBD tapi sekarang sudah mulai ada dimana-mana," jelasnya.

Menurutnya, penularan penyakit menular ini biasanya melalui jalur pintu laut. "Sehingga saya berharap kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika (Dishub) maupun semua stakeholder terkait untuk dapat bersinergi untuk mengantisipasi akan penularan DBD maupun virus cacar monyet ini," tambahnya.(Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan