Kadinkes Asmat Ajak Warga Disiplin Manfaatkan Program 1000 HPK

Jumat, 24 Mei 2019 17:22 WIT
Ibu-ibu di Asmat mengikuti sosialisasi yang digelar Puskesmas Agats.

ASMAT | Kepala Dinas Kesehatan Asmat Richard Marino mengajak masyarakat agar disiplin memanfaatkan Program 1000 Hari Pertama Kehidupan Manusia  (HPK), melalui Pemberian Makanan Anak Sekolah (PM-AS) di Tanah Asmat.

Hal ini disampaikan pada sosialisasi yang diadakan Puskesmas Agats, di Aula Wiyata Mandala, Kamis (23/5) dengan tema, “Peran Ibu Terhadap Anak Menuju Asmat Yang Sehat dan Mandiri".

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Asmat  Cisiliah Bakoropces, Sekertaris Program Bangga Papua Asmat Boni Jakfu, tokoh agama, tokoh masyarakat, jajaran Dinas Kesehatan serta Bidan dan Perawat Puskemas Agats.

“Kepada seluruh ibu-ibu agar disiplin mengikuti Program 1000 HPK, sehingga  anak-anak generasi kita di Asmat mendaptkan pengawalan penambahan gizinya teratur dengan baik,” ajak Marino.

Kata dia, ibu-ibu harus disiplin jaga kesehatan anaknya. Salah satunya, mandikan anak setiap pagi dan sore, perhatikan dari kaki sampai rambut, agar mereka tetap bersih.

Selain itu, memanfaatkan segala bantuan sosial yang berikan Pemerintah Kabupaten Asmat. Seperti Program 1000 HPK.

Dalam program ini pemerintah daerah memberikan makanan tambahan yang dikhususkan untuk anak-anak sekolah asli Asmat, mulai dari PAUD hingga SD baik itu sekolah swasta maupun negeri. 

"Keputusan Pemerintah Kabupaten Asmat di bawa kepemimpinan Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wakil Thomas Eppe Safanpo, pemberian makanan bagi anak sekolah  disingkat PM-AS adalah kegiatan penyediaan makanan kepada anak sekolah dalam bentuk makanan lengkap yang aman dan bermutu, sesuai angka kecukupan gizi yang berasal dari wilayah setempat dengan harga yang terjangkau serta memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan sesuai Peraturan Bupati Asmat No. 30 Tahun 2017 tentang Juknis Pelaksanaan Program 1000 HPK-PMAS," jelasnya. 

Menurutnya, penerima manfaaat Program 1000 HPK sebanyak seribu lima ratus ibu dan anak. 

Dinas Kesehatan terus melakukan pendataan bersama Puskemas se-Kabupaten Asmat agar bertambahnya peserta penerima manfaat yang berada di seluruh distrik setempat.

Orang momor satu pada dinas kesehatan ini juga berkomitmen dan meyakini bahwa, Program 1000 HPK akan sukses dengan menghasikan  generasi Asmat anak yang sehat dan cerdas. 

“Apalagi selain Program 1000 HPK, Pemda Asmat mendorong Program lainya sosial lainya seperti Program Bangun Generasi Emas Papua (Bangga Papua),” katanya.

Program 1000 HPK bertujuan memperbaiki gizi anak sekolah,  sehingga meningkatkan ketahanan fisik, minat dan kemampuan belajar dalam rangka menghasilkan anak yang sehat dan cerdas serta kompetitif dalam rangka mewujudkan generasi emas Kabupaten Asmat. (HA/SP)

Kategori:
Bagikan