Pindah Tugas, Ketua PN Timika Diapresiasi Pimpinan MA

Sabtu, 25 Mei 2019 22:09 WIT
Suasana pengantar alih tugas pejabat PN Timika. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Ketua Pengadilan (PN) Kota Timika, Relly D Behuku pindah tugas menjadi Hakim di PN Kelas IA, Manado, Sulawaesi Utara serta diperbantukan di PHI dan Pengadilan Tipikor. Sementara Ketua PN Timika yang baru akan dijabat oleh Sony Alfian, sebelumnya menjabat Wakil Ketua PN Manokwari. 

Mengakhiri masajabatannya di PN Timika, Sabtu (25/5) digelar acara pengantar tugas Relly D Behuku di Rumah Dinas di Kawasan SP 3. Sedangkan Sertijab akan dilaksanakan di Jayapura, 12 Juni 2019 mendatang.

Pada acara tersebut Relly D Behuku mengatakan, saat menjabat Ketua PN Timika, ia mendapat apresiasi tinggi dari pimpinan di Mahkamah Agung (MA).

"Sejak jabat Ketua PN Timika, sudah banyak proses eksekusi lahan yang dilakukan. Semua berjalan sukses dan lancar. Ini karena koordinasi yang bagus dengan semua pihak, khususnya Kapolres Mimika dan jajarannya," kata Relly, Sabtu (25/5) malam.

Relly Behuku mengungkapkan, ia pindah tugas di Timika sejak 2015 lalu sebagai Wakil Ketua PN.
Kemudian mendapatkan amanah untuk menjabat sebagai Ketua PN Timika pada 9 November 2016.

"Di tahun ini jabatan saya berakhir, karena akan pindah tugas sebagai Hakim di PN Kelas IA Manado. Serta diperbantukan di PHI dan Pengadilan Tipikor," katanya.

Ia mengatakan, kesuksesan dalam melaksanakan tugas tidak lepas dari dukungan semua pihak, mulai dari TNI-Polri, kejaksaan, tokoh masyarakat, dan lainnya.

"Timika ini unik dan tidak bisa dilupakan. Karena ketika tidak memiliki hubungan eksternal, maka tidak ada artinya seorang ketua PN," ujarnya.

Ia berharap, penggantinya nanti bisa meneruskan hubungan baik yang sudah terjalin, karena masih ada 20 eksekusi yang belum terlaksana.

"Eksekusi PN 20 lebih dan itu butuh koordinasi yang erat," tuturnya.

Perlu diketahui, selain Ketua PN Timika yang dipindah tugaskan ke PN Kelas IA Manado, Wakil Ketua PN Timika, Saiful Anam juga dipindahkan ke PN Saumlaki, Maluku Tenggara Barat sebagai Wakil Ketua PN. Serta Steven C Walukouw juga dipindahkan ke PN Air Madidi, Manado.

 Mendapat Kejutan dari Anak

Disela acara pengantar tugasz Relly Behuku juga mendapatkan kejutan dari dua anaknya. Karena di 25 Mei 2019, iamemperingati hari kelahiran ke 48 tahun.

Kedua buah hatinya, Jitro Gian Franco Behuku dan Reyane D putri Behuku datang di kegiatan pengantar alih tugas membawakan kue ulang tahun yang bertabur cokelat dan keju di atasnya.

"Saya sangat terkejut dengan hal ini. Karena komunikasi terakhir, mereka  masih di Surabaya. Dan ini merupakan hal yang luar biasa," tuturnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan