Jelang Lebaran, SAR Timika Gelar Apel Siaga

Senin, 27 Mei 2019 19:44 WIT
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Monce Brury ketika memimpin Apel Siaga Lebaran. (Foto: Humas SAR)

TIMIKA | Kantor Pencarian dan Pertolongan atau SAR Timika, Papua mengelar apel siaga lebaran, di halaman Kantor SAR, Jalan Yos Sudarso, Kota Timika, Senin (27/5).


Apel siaga dipimpin Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury yang diikuti puluhan personel SAR. 


SAR mulai menyiagakan personelnya sejak H-7 hingga H+7 Lebaran. Selain itu, sejumlah armada juga disiagakan. 


Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Monce Brury mengatakan, kesiapsiagaan SAR angkutan lebaran di fokuskan pada penanganan kecelakaan sesuai dengan tupoksi Basarnas.


Meski demikian, dia menyampaikan seluruh personel jangan lengah, sebab tupoksi Basarnas tidak hanya terbatas pada siaga angkutan, tetapi juga masih banyak potensi kecelakaan diluar hal tersebut yang membutuhkan penanganan bilamana terjadi. 


"Disinilah kita harus extra waspada, karena pada saat ini perhatian kita akan antisipasi kecelakaan dan bencana menjadi lebih komplek, membutuhkan perhatian lebih," kata Monce membacakan amanat Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito.


Kendati wilayah timur Indonesia (Papua) jumlah arus mudik lebaran tidak sebanyak dan seramai wilayah lain namun tetap saja hal ini sebagai bentuk tanggung jawab moral Basarnas kepada masyarakat Indonesia dalam melakukan tugas kemanusian.


"Ada beberapa hal yang perlu saya tekankan untuk petugas siaga angkutan siaga lebaran yaitu sikap sopan dan santun saat berkoordinas dengan Instansi terkait, ikuti prosedur yang ada, tunjukkan kalau kita profesional, disiplin tinggi dan juga mengutamakan keselamatan," pungkasnya. (Ipa/SP)

Kategori:
Bagikan