Jelang Idul Fitri 1440 H, Permintaan Parsel Meningkat

Senin, 27 Mei 2019 20:19 WIT
Parsel

TIMIKA | Sepekan menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, sejumlah toko di seputaran Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua mulai ramai menjual parsel.  


Parsel merupakan suatu ungkapan untuk menjaga hubungan silahturahmi, baik antara sahabat,  perusahaan bahkan instansi pemerintahan. 


Meski demikian, tradisi saling memberikan parsel dalam beberapa tahun belakangan ini terus mengalami penurunan seiring dengan adanya pelarangan khususnya instansi pemerintah dengan alasan independensi. Pasalnya, pemberian parsel juga dapat dikategorikan sebagai gratifikasi.  


Disisi lain, parsel menjadi salah satu peluang bisnis yang ikut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi apalagi pada hari-hari raya keagamaan seperti Lebaran dan Natal Tahun Baru.  


Dari pantauan seputarpapua.com, salah satu pusat perbelanjaan terkemuka di Kota Timika yang mulai ramai menjual parsel adalah Supermarket Diana. Sejumlah parsel segala jenis mulai ramai dipajang. 


Penanggungjawab Supermarket Diana Meriati Patawaran mengatakan, permintaan parsel sudah berlangsung selama kurang lebih dua minggu terakhir ini. Kebanyakan yang memesan adalah perusahaan dan instansi swasta lainnya.


Kata dia, harga yang dipatok mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2,5 juta. Tergantung dari jenis, bahan, isi parsel dan tingkat kesulitan pembuatan.


"Parselnya ada yang menggunakan berbagai jenis makan/kue, ada juga yang menggunakan makanan variasi dengan pecah belah, bahkan ada yang hanya memakai pecah belah saja," ungkapnya. 


Hal senada diungkapkan karyawan  Toko Sharon Mart, Lisa. Kata dia, dalam sehari,  Sharon Mart dapat melayani pesanan parsel 2 hingga 3 perusahaan. 


"Satu perusahaan bisa memesan hingga 5 parsel. Isinya juga beraneka ragam, ada makanan, minuman hingga barang pecah belah," ungkap Lisa. 


Selain parsel seperti kebanyakan dijual di toko-toko, ada pula parsel Tupperware dengan berbagai jenis yang disiapkan salah satu toko online  Tuppy Angkasa. 


Pemilik toko online Tuppy Angkasa,  Heny mengatakan, harga parsel Tupperware yang dijualnya bervariasi,  mulai dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta.  


"Selain prodak dalam negeri ada juga produk dari luar negeri seharga Rp1 juta. Bahannya dari kristal/kaca," ungkap Heny. (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan