10 Pasang Pelajar Rebut Gelar Mahkota Putra/Putri Pariwisata Mimika 2019

Selasa, 28 Mei 2019 15:21 WIT
Foto bersama finalis Putra/Putri Pariwisata Mimika 2019. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Sebanyak 10 pasang pelajar menjadi finalis memperebutkan mahkota Putra/Putri Pariwisata Mimika 2019. Ajang pemilihan ini dilaksanakan Pemda Mimika melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng melalui Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM secara resmi membuka kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Timika Raya, Jalan Cenderawasih, Selasa (28/5). Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari.

Cherly Lumenta berharap, finalis yang terpilih nanti membantu pemerintah daerah menarik wisatawan dan memperkenalkan keindahan alam Mimika kedunia yang lebih luas.

"Selain itu diharapkan agar peserta dapat mendedikasikan dirinya bagi peningkatan sektor pariwisata dengan terus mengasah kemampuan dan dapat bersaing pada tingkat yang lebih tinggi baik diprovinsi maupun nasional," kata Cherly.

Partisipasi masyarakat, dunia usaha dan stakeholder lainnya juga menjadi sorotan agar dapat mempromosikan pariwisata Mimika ke tingkat nasional.

 Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Moh. Thoha juga menambahkan bahwa peserta yang terpilih harus menguasai wisata di Mimika, baik wisata alam, wisata buatan, wisata budaya dan wisata ilmiah.

"Peserta yang ikut dalam pelatihan hari ini ada 10 pasang yang kemudian pemenangnya nanti akan kami kirim tanggal 17 Juni ke Kabupaten Bovendigouel untuk mewakili Kabupaten Mimika bersaing dengan kabupaten-kabupaten lainnya," ujarnya.

 Kasi Pengembangan Imaculata Kelanit menuturkan bahwa peserta yang terpilih adalah dari kalangan pelajar tingkat SMA/SMK dan beberapa dari umum.

"Anak-anak yang terpilih adalah rata-rata asli Papua.Salah satu syarat untuk dapat lolos nantinya harus dapat menguasai lagu dan tarian Mimika," katanya.

Syarat lainnya, harus memiliki tinggi badan, perempuan 160, laki-laki 165. Usia 17-25 tahun, menguasai tarian serta lagu daerah Mimika dan berbahasa Inggris aktif.(CR-03/SP)

Kategori:
Bagikan