Hutan Mangrove Jadi Destinasi Wisata Unggulan Mimika Saat PON 2020

Selasa, 28 Mei 2019 16:36 WIT
Moh. Thoha

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, mengembangkan wisata mangrove di kawasan Pomako, Distrik Mimika Timur, yang diperkirakan rampung tahun ini. 

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Mimika Moh Thoha mengatakan, pengembangan wisata hutan mangrove dipastikan selesai tahun ini sehingga menjadi salah satu destinasi saat PON XX tahun 2020 mendatang. 

"Proyek wisata hutan mangrove sementara ini dalam tahap lelang, rencananya bulan Juni nanti akan star tahap pembangunan selanjutnya dan targetnya harus selesai ditahun ini juga," katanya di Timika, Selasa (28/5).

Pembangunan 'tracking mangrove" atau jalan titian bakau di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako tahun ini sudah rampung sekitar 90 kilometer. 

Proyek pembangunan destinasi wisata bertahap dalam dua tahun terakhir terus berjalan. Tahun ini rencananya akan ada penambahan treking sepanjang 500 meter.

Di samping itu, juga ada penambahan MCK, gasebo, lahan parkir, dan menara pandang akan menjadi prioritas tahun ini. Menara pandang akan digunakan untuk memantau aktivitas pengunjung hutan mangrove nantinya.

"Kemudian, gedung edukasi yang telah jadi, itulah yang akan menjadi pintu masuk wisata hutan mangrove. Pemerintah bekerjasama lewat USAID Lestari untuk memberikan media-media edukasi yang berbentuk gambar dan tulisan mengenai 29 jenis mangrove di Mimika," kata Thoha. 

Selain wisata alamnya, wisata hutan mangrove ini akan di jadikan juga sebagai destinasi wisata edukasi dan ilmiah. 

"Mahasisswa atau peneliti yang ingin melakukan penelitian boleh berkunjungi ke sini karena hanya Mimika satu-satunya yang memiliki sebanyak 29 jenis mangrove, dibandingkan dengan daerah-daerah lain hanya sekitar 17 jenis saja," katanya. (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan