Disperindag Fokus Pantau Stok Sembako Jelang Lebaran

Selasa, 28 Mei 2019 19:10 WIT
Inocentius Yoga Pribadi

TIMIKA | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Papua mengaku akan terus memantau persediaan bahan kebutuhan pokok jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah/2019 Masehi. 


"Karena apabila stok barangnya kurang maka harga akan naik. Sehingga Disperindag fokus pada penyediaan stok barangnya agar tidak mengalami kekosongan," tutur Sekretaris Disperindag Mimika Inocentius Yoga Pribadi saat ditemui di Kantor Bupati,  SP3,  Selasa (28/5). 


Pihaknya kata Yoga, juga sudah melakukan pertemuan dengan para pemasok bahan kebutuhan pokok yang ada di kabupaten Mimika dan sudah dipastikan bahwa stok bahan sembako untuk satu bulan ke depan aman. 


Terutama untuk stok tiga komoditi yaitu bawang merah, bawang putih dan cabai, ini akan tetap ada hanya saja memang harganya masih sedikit mahal, karena pasokannya yang terbatas sehingga berpengaruh pada harga. 


"Kami pastikan untuk stok sembako menjelang Idul fitri nanti akan aman hingga satu bulan kedepan, dan untuk stok bahan sembako ini akan tetap ada," katanya. 


Sementara untuk bawang merah Yoga menjelaskan, didatangkan dari Bima mengikuti rute kapal Pelni sehingga tidak bisa datang setiap saat. 


Untuk bawang putih kata Yoga saat ini harganya agak mahal karena bawang putih ini diimpor dari luar negeri yaitu Vietnam. 


Sementara untuk kenaikan harga cabai yang berlangsung saat ini menurut Yoga dikarenakan curah hujan yang tinggi sehingga produksi petani menurun. 


Terkait masalah harga secara keseluruhan menurut Yoga itu tergantung fluktuasi hukum ekonomi yang berlaku di pasar. (Cr-2/SP)

Kategori:
Bagikan