700 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Kunker Wapres RI di Timika

Apel gabungan pengamanan agenda kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia ke Timika, Senin(28/11/2022). (Foto: Ist)
Apel gabungan pengamanan agenda kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia ke Timika, Senin(28/11/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Sebanyak 700 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan instansi pengamana terkait melaksanakan apel persiapan Pengamanan Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin ke Timika, Papua Tengah.

Apel yang dilaksanakan di Hanggar, Bandara Mozes Kilangulin, Senin (28/11/2022), dipimpin langsung oleh Kepala Staf Korem 174/Anim Ti Waninggap Kolonel Inf. Frits Wilem Rizard Pelamonia didampingi Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi.

Hadir pula Dandenkav 3/SC Mayor Kav Adzan Marjohan Nasution, Danyon Brimob B Polda Papua Kompol Dionisius Vox Dei Paron Helan dan kepala satuan tugas lain yang bertugas di Timika.

Tujuan kunjungan kerja Wapres sebagai Kepala Badan Percepatan Pembangunan Papua, yaitu bertemu dengan Pj Gubernur dan 8 bupati di Papua Tengah yang sedianya digelar di Rimba Papua Hotel Timika.

Kepala Staf Korem 174/Anim Ti Waninggap Kolonel Inf. Frits Wilem Rizard Pelamonia menyampaikan, apel tersebut dilaksanakan guna mengecek persiapan dan kesiapan personel gabungan TNI-Polri, dan instansi terkait untuk menyambut dan mengawal kedatangan Wapres RI yang akan tiba pada Rabu (30/11/2022).

“Seluruh prajurit harus mengerti apa tugas dan tanggungjawbanya saat kunjungan Wapres nanti,” kata Kolonel Wilem.

Ia menekankan kepada seluruh pasukan yang terlibat agar bertanggungjawab terhadap tugas yang diemban untuk mengamankan wilayah Timika.

“Jadi rencana ada empat objek yang akan dikunjungi Wapres. Tetapi waktunya singkat sehingga kunjungan hanya berpusat di Rimba Papua Hotel,” terang Kolonel Wilem.

Selain itu, Wapres juga akan menyempatkan waktu untuk mengunjungi Yayasan Somatoa dan Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU).

Kata Kolonel Wilem Rizard, dua lokasi yang akan didatangi Wapres yaitu Yayasan Somatoa dan Kantor PCNU juga akan dijaga ketat oleh personel.

“Walaupun kunjungan hanya singkat namun menjaga situasi jelang 1 Desember perlu diantisipasi dengan baik demi mencegah adanya oknum yang ingin memanfaatkan situasi tersebut,” jelasnya.

Ia pun berharap, bagi semua personel yang terlibat dalam pengamanan agar sama-sama melaksanakan tugas dengan baik jelang Kunker Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Arifin Lolialang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.