SAR Timika Tingkatkan Kebersamaan Lewat Buka Puasa Bersama

Selasa, 28 Mei 2019 23:21 WIT
Foto bersama usai kegiatan buka puasa bersama Kantor SAR Timika. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Keluarga besar Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika menggelar buka puasa bersama insan Pers dan potensi SAR di Kabupaten Mimika, Selasa (28/5).

Buka puasa bersama tersebut untuk meningkatkan silahturahmi dan menjaga kebersamaan antara Basarnas bersama segenap potensi SAR di Mimika.

Kepala  Kantor SAR Timika, Monce Brury,  mengatakan, dengan silaturahmi dapat membangun rasa kebersamaan antar sesama, terutama semua pihak untuk saling mendukung dalam tugas. 

Ustad Setiono dalam tausianya menyampaikan, "hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa"

"Puasa diwajibkan kepada orang-orang yang beriman, dan tidak sempurna puasa seseorang orang jika tidak melakukan kupat," ungkap Ustad Setiyono.

Empat kupat yang dimaksudkan adalah kembali suci, kembali seperti bayi, kembali menjadi manusia, dan terakhir kembali semangat beragama.

"Bersihkan diri adalah lambang kesucian,  hilangkan kesombongan dan dengki seperti bayi yang tulus dan iklas, saling menjaga kebersamaan tidak dapat diwujudkan jika masih melihat orang lain tersiksa," katanya. 

Menurutnya, tidak ada agama manapun dan tidak ada suku apapun mengajarkan umatnya untuk menyakiti orang lain. Biar berbeda dengan karakter,  suku dan budaya namun semua satu bangsa Indonesia. 

"Semangat Idul Fitri harus mewujudkan manusia yang punya toleransi dan merajut kebersamaan antar sesam," imbuhnya. (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan