Salah Gunakan Ijin Tinggal, WNA Asal Kamerun Dituntut 10 Bulan Penjara

Rabu, 29 Mei 2019 17:25 WIT
Nguetse Zangue Elvige Florie alias Florie WNA berkebangsaan Kamerun usai sidang, Rabu (29/5). (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Warga Negara Asing (WNA) asal Kamerun bernama Nguetse Zangue Elvige Florie alias Flore dituntut 10 bulan penjara dalam kasus dugaan penyalahgunaan ijin tinggal di Indonesia.


Dalam sidang lanjutan yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Kota Timika, Kabupaten Mimika,  Papua, Rabu (29/5), Joice E Mariai selaku JPU dalam pembacaan tuntutannya mengatakan, meminta kepada Majelis Hakim PN Kota Timika memutuskan bahwa terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana yang dengan sengaja menyalahgunakan pemberian ijin tinggal, sebagaimana diatur dalam Undang undang nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. 

 

Baca Juga: PN Timika Sidangkan WNA Asal Kamerun


Selain itu, menjatuhkan kepada terdakwa denda sebesar Rp50 juta. Apabila denda tersebut tidak dibayarkan, maka diganti dengan kurangan pidana penjara selama 5 bulan.


“Sedangkan untuk barang bukti berupa paspor kebangsaan Kamerun, kartu UNHCR atas nama terdakwa, satu unit laptop, dua unit handphone, dan satu set peralatan dan perlengkapan sambung rambut, dikembalikan kepada terdakwa,” katanya.


Dari tuntutan tersebut, terdakwa yang didampingi oleh penerjemah bahasa mengatakan, dirinya meminta keringanan dari Majelis Hakim, baik terhadap sanksi pidana penjaranya maupun denda. 


Sementara dari pihak JPU, masih bertetapan pada tuntutan. Sidang akan dilanjutkan pada 12 Juni 2019 dengan agenda pembacaan putusan.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan