Luther Samori dan Daniela Mansawan Jadi Putra Putri Pariwisata Mimika 2019 

Kamis, 30 Mei 2019 18:03 WIT
Putra Putri Pariwisata Mimika 2018 mengalungkan selempang kepada peserta terpilih Putra Putri Mimika 2019. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Luther J. Samori dan Daniela Karin Mansawan akhirnya terpilih sebagai juara dalam grand final pemilihan putera/puteri pariwisata Kabupaten Mimika yang digelar di Hotel Timika Raya, Rabu (29/5).

Ajang pemilihan putra/putri pariwisata yang merupakan agenda tahunan ini diselenggarakan Dinas pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika.

Luther dan Daniela berhasil mencuri perhatian dewan juri dalam seleksi yang digelar sejak dua hari, Rabu (28/5) sebagai ajang pembinaan, kemudian hari kedua, Kamis (29/5) sebagai hari penentuan terakhir. 

Dari 20 finalis diseleksi menjadi 12 peserta (6 pasang), kemudian diseleksi lagi menjadi 6 peserta (3 pasang) dan terakhir menyisahkan 2 peserta (satu pasang) pada grand final penentuan juara. 

Dewan Juri I Ribka Yoku, Juri II Bernadina Yamangun, dan Juri III Thomas Mutameyau memutuskan Luther dan Daniela menjadi duta pariwisata mewakili Mimika, bersaing di tingkat provinsi pada 17 Juni 2019 di Boven Digoel. 

Keluar sebagai juara I kategori Putra, Luther mengungkapkan rasa senang dan sangat bahagia, karena sebelum masuk dalam 20 besar, ia harus mengikuti seleksi dari sekian banyak siswa di sekolahnya.

"Ini sangat luar biasa dan akan menjadi catatan sejarah dalam hidup saya, tak lupa juga saya berterima kasih kepada Tuhan Yesus dan kedua orang tua saya terlebih guru pembimbing yang telah mendukung," katanya. 

"Juga kepada Dinas Pariwisata yang telah menyelenggarakan ajang ini," sambung anak sulung dari pasangan Matias Witar Samori dan Rina Maria Pedai.

Siswa kelas II SMA Negeri I Mimika  kelahiran Jayapura tanggal 24 September tahun 2002 ini, berkomitmen akan meningkatkan promosi pariwisata di Mimika melalui media sosial. 

Dengan membawa atribut budaya lokal jika bepergian, Luther akan mempromosikan kepada setiap wisatawan yang datang bahwa Mimika ini merupakan daerah yang mengagumkan dengan sejuta pesona wisatanya.

 

alt text

Luther J. Samori dan Daniela Karin Mansawan (Foto: Yunita/SP)

 

Sedangkan Juara I kategori Putri, Deniella, mengaku sangat terkejut bercampur bahagia karena bisa meraih juara satu dengan melewati berbagai seleksi cukup ketat. 

Anak pasangan Daniel Bansawan dan Wilhelmina Nusi ini optimis akan menyongsong abad milenial dan melibatkan diri membantu Pemkab Mimika dalam mengembangkan pariwisata di Bumi Cenderawasih.

"Tentunya saya akan mengajak generasi muda milenial untuk sama-sama mengangkat kebudayaan, dan mempromosikan destinasi wisata Papua khususnya yang ada di Mimika sendiri," kata Daniela, anak ke tiga dari empat bersaudara. 

Selanjutnya, Juara II Putra diraih oleh Paulus Yanyaan dan Putri diraih oleh Ana Marsbin Korowa, sedangkan Juara III Putra diraih Richard Rivaldo Waromi dan Putri Maurel Nagela Saklil. 

Setiap juara 1, 2 , 3 mendapatkan piala dan uang pembinaan, masing-masing juara 1 sebesar Rp2 juta, juara 2 sebesar Rp1,5 juta, dan juara 3 Rp1 juta.

Sedangkan untuk juara favorit pilihan penonton, diraih oleh Putri S.M Lengkong dengan perolehan 16 suara dan Damai Daniel Laulu dengan perolehan 28 suara.
Pasangan ini juga membawa pulang piala dan uang tunai masing-masing Rp750 ribu.

Selempang dan mahkota Putra Putri Pariwisata Mimika 2019 dikenakan oleh Putra dan Putri Pariwisata 2018, Jonatan Everd Laulu dan Chantika Nako. (Cr-03/SP)

Kategori:
Bagikan